kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Khasiat daun kelor yang bermanfaat untuk kesehatan


Sabtu, 31 Oktober 2020 / 13:25 WIB
5 Khasiat daun kelor yang bermanfaat untuk kesehatan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. arena banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Kaya Nutrisi

Daun kelor mengandung banyak sekali nutrisi yang penting untuk tubuh. Mengutip dari Healthline (healthline.com), terdapat 2 g protein, 12% vitamin C, 9% vitamin A, dan 11% zat besi dalam 21 g daun kelor.

Meski demikian, daun kelor juga mengandung banyak antinutrisi. Artinya, penyerapan vitamin dan mineral bisa berkurang. Jadi, jumlah daun kelor yang Anda konsumsi tetap harus diperhatikan. Jika diperlukan, Anda bisa berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi daun kelor.

Mengandung Banyak Antioksidan

Seperti yang telah dikatakan, khasiat daun kelor berasal dari banyaknya antioksidan yang terkandung di dalamnya. Kandungan itu berperan untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit. Misalnya, diabetes, sakit jantung, dan penyakit yang lain.

Baca Juga: 4 Manfaat daun kelor, bisa turunkan kolesterol dan gula darah

Beberapa jenis antioksidan yang terkandung dalam daun kelor adalah quercetin dan chlorogenic acid. Quercetin bisa membantu menurunkan tekanan darah. Sedangkan chlorogenic acid berpengaruh pada gula darah dalam tubuh.

Mengurangi Peradangan

Healthline mengatakan bahwa daun kelor juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan atau inflamasi. Jika peradangan dalam tubuh terus dibiarkan dan tak diobati segera, kondisi kesehatan Anda bisa terganggu. Resiko penyakit jantung dan kanker bisa meningkat karena hal itu.

Para peneliti percaya bahwa daun kelor memiliki kandungan antiinflamasi utama yang bernama isothiocyanate. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efek tersebut.

Menurunkan Kolesterol

Apakah Anda memiliki kolesterol berlebih dalam tubuh? Jika iya, maka Anda perlu mengonsumsi daun kelor secara rutin. Bila kolesterol dalam tubuh tak dikontrol dengan baik, resiko sakit jantung dan penyakit lain bisa meningkat.

Baca Juga: Air rebusan daun kelor efektif mengobati diabetes melitus, begini cara meraciknya

Mengurangi Gula Darah

Salah satu khasiat daun kelor adalah menurunkan gula darah dalam tubuh.

Khasiat daun kelor lainnya yang disebutkan Healthline adalah mampu menurunkan gula darah tubuh. Manfaat ini penting bagi penderita diabetes agar kondisi kesehatan tak semakin parah. Meski demikian, baru sedikit penelitian yang dilakukan pada manusia.

Salah satu penelitian yang melibatkan 30 wanita membuktikan hal tersebut. Mereka mengonsumsi 7 g bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan. Hasilnya, rata-rata gula darah berkurang sebanyak 13.5%.

Selanjutnya: 4 Manfaat daun kelor dan kandungan nutrisinya, cegah kanker dan turunkan kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×