5 Jenis makanan ini cocok jadi obat jantung koroner

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 12:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Jenis makanan ini cocok jadi obat jantung koroner


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menggunakan obat jantung koroner yang diresepkan dokter, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa jenis makanan di sekitar Anda, lo. Dengan rutin mengonsumsinya, kesehatan jantung bisa lebih terjaga.

Penyakit jantung koroner merupakan suatu masalah yang menyerang pembuluh darah jantung. Biasanya, pembuluh darah menyempit dan mengeras karena penumpukan plak atau lemak. Nah, saat hal itu terjadi, setiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda.

Bahkan, ada beberapa kasus di mana penyakit jantung koroner tak menunjukkan gejala apa pun. Mengutip dari Healthline (healthline.com), gejala penyakit jantung koroner yang umum terjadi adalah nyeri dada dan muncul sensasi terbakar di bagian tersebut, sesak napas, mual, dan lain-lain.

Dengan rutin mengonsumsi makanan di bawah ini, jumlah lemak yang mengganggu kondisi pembuluh darah dapat berkurang. Artinya, gejala-gejala yang Anda alami pun bisa lebih terkontrol. Sebelum mengonsumsi makanan ini secara teratur, jangan lupa untuk tetap membicarakannya dulu ke dokter, ya.

Baca Juga: Bikin asam urat tinggi rontok, ini manfaat rambut jagung untuk kesehatan

Lemak Sehat

Obat jantung koroner pertama yang perlu Anda coba adalah makanan yang mengandung banyak lemak sehat. Lemak sehat mampu menurunkan kolesterol dan mencegah risiko stroke atau penyakit jantung lain yang lebih parah.

Minyak zaitun, alpukat, kacang, atau biji-bijian merupakan beberapa jenis bahan alami yang mengandung banyak lemak sehat. Jika Anda ingin mengonsumsi yogurt atau produk olahan susu yang lain, usahakan untuk memilih produk dengan kandungan lemak yang rendah.

Rempah

Rempah bisa jadi obat jantung koroner.

Supaya penyakit jantung tak bertambah parah, Healthline merekomendasikan Anda untuk mengganti penggunaan garam dengan jenis rempah yang lain. Tujuannya supaya masakan tetap terasa lezat, tapi tidak membahayakan kondisi Anda.

Buah dan Sayur

Buah dan sayur jadi jenis makanan lain yang perlu dikonsumsi penderita penyakit jantung secara teratur. Bukan tanpa alasan, buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

Mayoritas buah dan sayur juga mengandung sedikit kalori dan kaya serat. Dengan begitu, jumlah kalori yang menumpuk dalam tubuh dapat berkurang. Supaya manfaatnya lebih terasa, cobalah untuk langsung mengonsumsi buah dan sayur tanpa diberi pemanis atau bahan tambahan lain yang kurang sehat.

Baca Juga: Ragam khasiat rempah khas Indonesia, bisa menurunkan kolesterol

Protein

Makanan berprotein termasuk salah satu obat jantung koroner.

Makanan berprotein juga bisa Anda jadikan obat jantung koroner. Tak ada salahnya untuk makan telur, kacang kedelai, dan daging ayam tanpa kulitnya secara teratur. Makanan yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon atau tuna, juga bisa Anda jadikan pilihan.

Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh, seperti nasi cokelat, oatmeal, atau sereal, juga baik untuk kesehatan jantung Anda, lo. Sama seperti buah dan sayur, jenis makanan itu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

Itulah beberapa jenis pilihan bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan jantung. Jangan lupa pula untuk menerapkan pola hidup sehat, ya.

Selanjutnya: Cari obat pengencer darah? Coba 6 bahan alami ini, yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru