5 Gejala Anemia yang Wajib Anda Waspadai, Apa Saja?

Senin, 20 Desember 2021 | 14:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Gejala Anemia yang Wajib Anda Waspadai, Apa Saja?

ILUSTRASI. Kelelahan ekstrem termasuk salah satu gejala anemia.


KONTAN.CO.ID - Jumlah zat besi dalam tubuh yang berada di bawah batas normal mengakibatkan Anda mengalami anemia. Tentu saja, gejala anemia perlu Anda perhatikan supaya bisa segera melakukan perawatan yang sesuai kebutuhan.

Selain memerhatikan gejala yang muncul, Anda perlu mengetahui beberapa faktor yang memicu kondisi itu. Mengutip dari E Times, anemia lebih sering dialami oleh wanita yang berada di masa subur.

Penyebab kurang darah lainnya adalah kurangnya konsumsi makanan tinggi zat besi. Beberapa jenis makanan yang dimaksud adalah bayam, kacang kedelai, hati, ikan, dan lain sebagainya. Cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan tersebut secara rutin.

Mengonsumsi sumber makanan tinggi zat besi akan membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Hemoglobin adalah salah satu jenis protein dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika hal itu tidak Anda lakukan, ciri kekurangan darah bisa Anda alami.

Baca Juga: Kenali Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

Kelelahan ekstrem

Kelelahan ekstrem jadi salah satu tanda-tanda kurang darah yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Berbeda dari rasa lelah biasa, tubuh Anda akan merasa letih meski sedang tidak melakukan aktivitas apapun.

Hasilnya, Anda menjadi lebih sulit untuk fokus dan berkonsentrasi. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter, ya. Apalagi jika dibarengi dengan gejala yang lain, seperti mudah marah atau frekuensi sakit kepala meningkat.

Tangan terasa dingin

Tangan dan kaki yang terasa dingin bisa jadi salah satu gejala anemia.

Terganggunya distribusi oksigen dalam tubuh membuat suplai oksigen tidak merata. Akibatnya, bagian tubuh tertentu, seperti tangan, mudah merasa dingin. Tidak hanya itu, rasa dingin juga bisa terasa di bagian kaki.

Kulit pucat

Kulit yang terlihat pucat dan tidak segar bisa jadi salah satu gejala anemia. Hal itu disebabkan karena jumlah hemoglobin dalam tubuh sangat sedikit. Untuk lebih memastikan kondisi tubuh Anda, lihatlah warna beberapa bagian tubuh, seperti gusi, bibir, atau kelopak mata bagian bawah.

Baca Juga: Mudah didapat, coba 5 obat herbal vertigo ini, yuk

Sesak napas

Selain menyebabkan jantung berdebar, penyakit kekurangan darah dapat menyebabkan penderitanya sering mengalami sesak napas.

Karena mudah teridentifikasi, jangan sampai Anda mengabaikan gejala itu, ya. Apalagi, jika Anda mengalaminya meski melakukan aktivitas fisik yang tidak terlalu berat.

Melansir E Times, salah satu cara mengetahuinya adalah dengan membandingkan kondisi Anda sebelumnya. Jika terbiasa menaiki tangga tanpa merasa lelah tapi dalam beberapa hari justru merasa sesak napas ketika melakukannya, hal itu bisa jadi ciri yang perlu Anda perhatikan.

Jantung berdebar

Gejala anemia yang tidak boleh Anda abaikan adalah jantung berdebar atau biasa disebut dengan istilah palpitasi jantung. Hal itu terjadi karena jantung perlu bekerja lebih ekstra mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh karena kekurangan hemoglobin.

Meski demikian, jantung berdebar adalah salah satu tanda yang tidak langsung nampak. Bisa saja tubuh Anda kekurangan zat besi sejak lama, tapi jantung berdebar baru muncul di kemudian hari. Maka dari itu, Anda perlu selalu waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru