5 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat, Sila Anda Coba

Kamis, 08 September 2022 | 11:42 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
5 Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Serangan Asam Urat, Sila Anda Coba

ILUSTRASI. Sila Anda coba, mengembangkan gaya hidup sehat bisa untuk mencegah serangan asam urat.


KONTAN.CO.ID - Tahukah Anda? Mengembangkan gaya hidup sehat bisa untuk mencegah serangan asam urat, lo, sila Anda coba.

Meskipun tidak bisa memprediksikan kapan serangan asam urat akan terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah serangan tersebut. 

Mengutip laman Practical Pain Management, kiat gaya hidup di bawah ini berperan besar dalam mencegah serangan asam urat.

Sebagai bonus tambahan, gaya hidup ini juga bisa membantu mencegah beberapa komplikasi asam urat, seperti penyakit ginjal dan penyakit jantung.

Baca Juga: Mencegah Gula Darah Tinggi, Penderita Diabetes Cukup Ubah 3 Kebiasaan Berikut

Batasi alkohol dan makanan yang kaya purin

Saat Anda terserang asam urat, sebaiknya hindari makanan kaya purin, seperti daging berlemak dan kerang. Selain itu, batasi alkohol terutama bir karena bisa meningkatkan kadar asam urat Anda. 

Kabar baiknya adalah, mengonsumsi makanan tertentu, seperti ceri, kopi, dan makanan yang kaya vitamin C, dapat membantu mencegah serangan asam urat. 

Selain itu, sebagai bagian dari diet sehat, Anda harus minum banyak air. Ini sangat penting jika Anda menderita asam urat karena tetap terhidrasi bisa membantu mengeluarkan asam urat dan mencegah pembentukan kristal asam urat.

Baca Juga: Efektif Menurunkan Asam Urat Secara Alami, Coba Makanan Kaya Vitamin C Ini

Kurangi stres dalam hidup Anda 

Stres dapat memicu serangan asam urat, dan bisa memperburuk gejala serangan asam urat. Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan semua stres Anda, ada sejumlah cara untuk membantu meminimalkannya. 

Jika mengalami serangan asam urat, mengurangi stres juga bisa membantu Anda fokus pada hal-hal selain rasa sakit.

Teknik manajemen stres apa yang berhasil untuk asam urat? Cobalah teknik relaksasi, seperti meditasi dan pernapasan dalam. Sedikit menghilangkan stres bisa sangat bermanfaat.

Seringlah berolahraga. 

Tetap aktif secara fisik adalah bagian dari gaya hidup sehat, dan dapat membantu mencegah serangan asam urat di masa mendatang. 

Di antara banyak manfaat berolahraga dengan asam urat, ada baiknya Anda menurunkan berat badan, jika perlu. Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko asam urat. 

Tetapi, jika Anda sudah menderita asam urat, menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mencegah serangan asam urat. Olahraga juga dapat membantu Anda mengelola stres secara efektif.

Kalau saat ini sedang mengalami serangan asam urat, Anda tidak boleh berolahraga sampai rasa sakit dan peradangan Anda berkurang.

Jika baru berolahraga atau sudah lama tidak berolahraga, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara menjadi aktif. Jika Anda mengalami gejala baru saat berolahraga, beri tahu dokter.

Baca Juga: Cukup Minum Air Putih, Berikut 4 Cara Alami Menurunkan Asam Urat

Istirahat dan tidur yang cukup. 

Istirahat dan tidur penting saat Anda menderita asam urat. Tidur yang cukup, targetkan sekitar 8 jam setiap malam, dapat membantu Anda mengelola stres dan merasa lebih baik secara keseluruhan. 

Istirahat yang cukup juga bisa membantu saat Anda mengalami serangan asam urat. Serangan asam urat bisa sangat menyakitkan, dan mungkin sulit untuk bergerak saat Anda diserang. 

Mengistirahatkan sendi yang terkena selama serangan dapat membantu Anda mengatasi gejala asam urat.    

Baca Juga: Sila Coba, Begini 4 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Cobalah suplemen herbal dan makanan tertentu 

Beberapa suplemen herbal dan makanan dianggap dapat membantu mencegah asam urat. 

Kunyit, yang dapat digunakan untuk kondisi peradangan lain selain asam urat, bisa membantu mengurangi peradangan. Dan bromelain, yang ditemukan di batang nanas, dianggap membantu mencegah asam urat.

Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan tentang keefektifan suplemen ini untuk asam urat. Tetapi, jika Anda tertarik untuk mencoba suplemen herbal, tanyakan kepada dokter sebelum meminumnya.

Asam urat adalah kondisi yang sangat menyakitkan, tetapi mengubah gaya hidup sehat ini bisa membantu mencegah serangan asam urat. 

Anda tidak harus mengubah gaya hidup ini sekaligus. Luangkan waktu Anda, dan lihat perubahan mana yang paling cocok untuk Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru