5 Faktor penyebab kanker payudara menyebar ke organ tubuh lain

Rabu, 27 Januari 2021 | 04:35 WIB Sumber: Kompas.com
5 Faktor penyebab kanker payudara menyebar ke organ tubuh lain


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kanker payudara bisa menyebar ke bagian organ tubuh lain dan menyebabkan kematian. Akan tetapi, kecepatan menyebar setiap sel kanker juga berbeda-beda.

Ahli onkologi dari Cleveland Clinic, Erin Roesh, juga mengatakan berbagai jenis kanker payudara tumbuh dengan kecepatan berbeda. “Sulit untuk memberikan perkiraan kecepatan penyebaran kanker payudara karena setiap diagnosis kanker berbeda,” tambahnya.

Faktor- faktor yang memengaruhi penyebaran kanker payudara

Roesch mengatakan setiap jenis kanker payudara bervariasi berdasarkan kondisi individu dan subtipe. Jenis kanker payudara yang berbeda juga memiliki kecepatan pertumbuhan yang berbeda pula.

Baca juga: Cegah kanker, ini 4 manfaat sawi putih untuk kesehatan 

Meski begitu, para ahli memahami bahwa beberapa jenis kanker payudara cenderung lebih agresif dan bergerak cepat, sementara jenis lainnya biasanya bergerak lebih lambat. Kecepatan pertumbuhan kanker payudara dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

1. Sub-tipe kanker payudara

Secara umum, tumor triple-negatif dan HER2-positif cenderung tumbuh lebih cepat, sementara kanker payudara dengan reseptor hormon cenderung lebih lambat bergerak. Panggung.

2. Tingkat atau stadium kanker

Kanker payudara biasanya diberikan stadium dari 0 hingga IV untuk menunjukan tingkatan perkembangan penyakit tersebut. Jika sel kanker masih non-invasif atau belum menyebar ke jaringan lain dan disebut sebagai stadium 0.

Sebaliknya, kanker payudara invasif menandakan sel kanker berpotensi menyebar ke tempat lain. Kanker yang telah memasuki stadium IV menandakan sel kanker telah menyebar ke organ lain. Kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh lain cenderung terus menyebar.

3. Agresivitas

Saat Anda didiagnosis menderita kanker payudara, dokter akan menilai kanker yang Anda alami dari 1 hingga 3 berdasarkan seberapa mirip sel kanker tersebut dengan sel normal. Semakin tinggi tingkat kaker menandakan sel kanker bersifat agresif dan kemungkinan sel kanker tumbuh dan menyebar ke area lain di tubuh juga lebih besar.

4. Usia

Wanita yang lebih muda cenderung memiliki jenis kanker payudara yang lebih agresif dibandingkan dengan wanita yang berusia lebih tua. Wanita yang lebih tua lebih mungkin mengembangkan jenis kanker payudara karena faktor hormon, yang cenderung bergerak lebih lambat. Namun, hal ini tidak selalu menjadi patokan.

5. Mutasi genetik

Jika ada keluarga yang memiliki riwayat kankerpayudara, risiko Anda terkena kanker payudara meningkat. Beberapa wanita dengan mutasi genetik ini memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara pada usia yang lebih muda. Kondisi ini juga bisa memicu sel kanker payudara menjadi lebih agresif.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Faktor yang Memengaruhi Penyebaran Kanker Payudara",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Selanjutnya: Kanker kelenjar getah bening, apa penyebab dan diagnosanya?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru