5 Faktor ini bisa jadi penyebab tekanan darah rendah

Jumat, 23 Juli 2021 | 15:24 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Faktor ini bisa jadi penyebab tekanan darah rendah

ILUSTRASI. Waspadai penyebab tekanan darah rendah agar tubuh tetap sehat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain penyakit tekanan darah tinggi, seseorang juga bisa mengalami hipotensi atau penyakit tekanan darah rendah. Untuk mewaspadainya, ada beberapa penyebab tekanan darah rendah yang sebaiknya Anda perhatikan.

Melansir Medical News Today (medicalnewstoday.com), hipotensi ditandai dengan tekanan darah yang di bawah 90/60 mmHg. Tentu saja kondisi itu tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Jika terus dibiarkan, banyak bagian tubuh yang tidak cukup mendapat asupan oksigen.

Gejala hipotensi yang bisa Anda alami cukup beragam. Mulai dari pingsan, pusing, mual, dehidrasi, dan lain sebagainya. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala itu. Nantinya, dokter akan memberikan saran perawatan sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab Sementara

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tekanan darah rendah dalam waktu singkat. Misalnya, tubuh kekurangan cairan, kehamilan, makanan yang Anda konsumsi, dan lain-lain. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena beberapa hal itu bisa diatasi dengan cara yang cukup mudah.

Baca Juga: Anda perlu waspada, ini 5 makanan yang bisa jadi penyebab diabetes

Gangguan Pada Jantung

Berikutnya, gangguan pada jantung bisa jadi penyebab tekanan darah rendah. Jantung adalah organ dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jika terdapat gangguan, fungsi itu tidak bisa berjalan secara maksimal. Akibatnya, tekanan darah pun menurun.

Jenis Obat Tertentu

Beberapa jenis obat juga bisa jadi penyebab tekanan darah rendah, lo. Jenis-jenis obat yang dimaksud adalah obat hipertensi, antidepresan, obat disfungsi ereksi, obat penyakit parkinson, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami beberapa gejala hipotensi, ada baiknya untuk mengkonsultasikan kondisi itu dengan dokter.

Baca Juga: Cegah dari sekarang, ini penyebab hipertensi

Gangguan Sistem Endokrin

Medical News Today menyebutkan bahwa tekanan darah rendah bisa dipicu oleh gangguan pada sistem endokrin. Salah satu contohnya adalah hipotiroidisme atau kondisi di mana kelenjar tiroid tidak terlalu aktif. Akibatnya, perngaturan hormon tubuh terganggu sehingga Anda pun mengalami hipotensi.

Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol bisa jadi penyebab tekanan darah rendah.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu banyak juga bisa memicu hipotensi. Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk itu, tak ada salahnya untuk mencoba konsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran yang bisa Anda praktikkan supaya konsumsi alkohol berkurang.

Selanjutnya: 5 Makanan untuk Mengurangi Kolesterol dalam Tubuh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru