kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Diet Ini Efektif Merontokkan Kolesterol Jahat


Minggu, 12 Februari 2023 / 10:20 WIB
5 Diet Ini Efektif Merontokkan Kolesterol Jahat
ILUSTRASI. Diet DASH efektif menurunkan kolesterol.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Penderita kolesterol disarankan untuk menjalankan diet untuk mengelola kolesterol. Ini 5 jenis diet yang efektif menurunkan kolesterol jahat.

Kolesterol jahat yang dibiarkan akan menciptakan plak di dalam pembuluh darah.

Baca Juga: 2 Jenis Cincau Ini Bikin Kolesterol Jahat Minta Ampun

Plak tersebut bisa menyumbat aliran darah yang memicu penyakit jantung koroner. 

Asal tahu saja, banyak faktor yang mempengaruhi kadar kolesterol jahat terus naik, salah satunya adalah gaya hidup yang buruk. 

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi biasanya akan mengalami sejumlah gejala yakni: 

  • Tubuh mudah lelah 
  • Tangan dan kaki sering kesemutan 
  • Rahang mudah sakit 
  • Nyeri dada 
  • Muncul xanthoma 

Penderita kolesterol disarankan untuk melakukan diet yang sehat dan seimbang. 

Mengutip dari NDTV, penderita kolesterol sebaiknya menghindari makanan yang bisa memperburuk kondisi kesehatannya. 

Sebaiknya, penderita kolesterol merencankan diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan. 

Berikut jenis diet yang bisa membantu menurunkan kolesterol: 

1. Diet DASH 

DASH (Dietary Approached to Stop Hypertension), diet ini dianjurkan untuk Anda yang ingin meningkatkan kesehatan jantung. 

Diet DASH mewajibkan Anda untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan nutrisi lainnya seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. 

Selain itu, diet DASH juga menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan tinggi protein tanpa lemak yang bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak. 

2. Diet mediterania 

Diet mediterania, salah satu jenis diet yang baik dan cocok dilakukan oleh penderita kolesterol. 

Diet ini fokus pada konsumsi makanan yang mengandung protein nabati (kacang-kacangan, lentil, biji-bijian, ikan, buah, dan sayuran). 

Selain itu, diet ini juga tinggi serat sehingga bisa menurunkan kolesterol tinggi.

3. Diet vegetarian 

Diet ini berfokus pada fokus pada konsumsi makanan nabati dan produk susu. 

4. Pola makan vegan 

Pola makan vegan merupakan pola makan yang hanya mengonsumsi makanan nabati saja. 

Pola makan ini mengharuskan Anda untuk menghindari konsumsi makanan olahan susu dan daging yang memiliki komponen meningkatkan kadar kolesterol jahat. 

5. Diet flexitarian 

Diet ini berfokus pada konsumsi makanan vegetarian. Namun, kadang Anda bisa mengonsumsi daging dalam prorsi tertentu. 

Diet ini membantu memastikan Anda mengonsumsi makanan yang memiliki khasiat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kolesterol baik. 

Baca Juga: 7 Buah Segar yang Bikin Kolesterol Jahat Minta Ampun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×