5 Cara Mudah Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Baik untuk Penderita Diabetes

Rabu, 13 April 2022 | 12:00 WIB Sumber: Healthline,Healthline
5 Cara Mudah Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Baik untuk Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Cara mudah menurunkan gula darah secara alami, baik untuk penderita diabetes.


KONTAN.CO.ID - Gula darah tinggi bisa terjadi saat tubuh Anda tidak cukup atau secara efektif menggunakan insulin. Enggak usah cemas, ada cara mudah menurunkan gula darah secara alami, baik untuk penderita diabetes.

Insulin adalah hormon yang mengatur glukosa darah dan membantu memasuki sel-sel Anda untuk energi. Gula darah tinggi atau hiperglikemia dikaitkan dengan diabetes.

Dan, berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), Indonesia berstatus waspada diabetes karena menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi.   

Prevalensi pasien pengidap diabetes di Indonesia mencapai 6,2%. Yang artinya, ada lebih dari 10,8 juta orang menderita diabetes pada 2020 lalu.  

Nah, berikut 5 cara mudah menurunkan kadar gula darah secara alami, cocok buat penderita diabetes, mengutip Healthline:  

Baca Juga: Tanpa Obat & Olahraga, Ini Cara Alami Menurunkan Gula Darah untuk Penderita Diabetes

1. Tingkatkan asupan serat Anda  

Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Untuk alasan ini, ini mendorong peningkatan kadar gula darah secara bertahap.  

Selain itu, jenis serat yang Anda makan mungkin berperan. Ada dua jenis serat: tidak larut dan larut. Meskipun keduanya penting, serat larut secara eksplisit telah terbukti meningkatkan pengelolaan gula darah.  

Selain itu, diet tinggi serat bisa membantu mengelola diabetes tipe 1 dengan lebih baik dengan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah dan mengurangi penurunan gula darah.  

Makanan yang mengandung serat tinggi antara lain:  

  • sayuran  
  • buah-buahan  
  • kacang-kacangan  
  • biji-bijian utuh  

Asupan serat harian yang disarankan adalah sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Itu sekitar 14 gram untuk setiap 1.000 kalori. 

Baca Juga: 10 Makanan Ini Efektif Menurunkan Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru