kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Meredakan Sakit Haid Efek Tanpa Harus Minum Obat


Kamis, 03 Februari 2022 / 16:21 WIB
5 Cara Meredakan Sakit Haid Efek Tanpa Harus Minum Obat
ILUSTRASI. Cara meredakan sakit haid efek tanpa harus minum obat.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Rasa sakit haid kerap kali muncul saat datang bulan atau menstruasi. Cara meredakan sakit haid pun harus segera dilakukan, agar tubuh menjadi lebih baik dan bisa kembali melakukan aktivitas. 

Hanya, terkadang rasa sakit haid terasa cukup lama hingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak hanya rasa sakit di bagian perut, biasanya payudara juga terasa sakit dan susah untuk berkonsentrasi. 

Melansir dari Medical News Today terdapat beberapa cara meredakan sakit haid tanpa harus minum obat. 

Pasalnya, sebagian orang menghindari minum obat karena takut akan kecanduan minum obat pereda sakit saat haid atau menstruasi.

Baca Juga: Cara Membuat Resume agar Terlihat Profesional, Ini Tipsnya!

Jika sudah mengganggu aktivitas, hal tersebut perlu ditangani. Berikut adalah beberapa cara meredakan sakit haid: 

1. Kompres dengan air hangat

Tips yang pertama meredakan haid adalah dengan cara mengompres perut bagian bawah atau bagian yang sakit dengan air hangat. Hal tersebut akan bisa meredakan rasa sakit dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. 

2. Olahraga ringan 

Olahraga ringan dipercaya dapat mengurangi sakit saat haid. Sebuah studi Taiwan menemukan, 12 minggu kelas yoga dua kali seminggu mengurangi kram menstruasi pada peserta penelitian.

3. Orgasme

Orgasme adalah obat yang bagus untuk meredakan sakit haid. Mirip dengan olahraga, mengalami orgasme melepaskan banyak endorfin dan hormon lain yang menghilangkan rasa sakit, membantu tubuh menjadi lebih baik dan nyaman.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Pempek tanpa Ikan tetap Enak dan Gurih

4. Jangan makan sembarangan

Tips selanjutnya, jangan makan sembarangan karena hal ini bisa memacu rasa sakit haid. Hindari makanan seperti gorengan, alkohol, kopi, serta jangan terlalu banyak merokok sampai rasa sakit haid hilang.

5. Minum teh herbal

Minum teh herbal dipercaya dapat mengurangi rasa sakit haid karena dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Selain untuk meredakan rasa sakit haid, minum teh herbal juga baik untuk kesehatan. 

Itulah beberapa cara meredakan sakit haid tanpa harus minum obat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×