Tips Sehat

5 Cara menurunkan kolesterol ini perlu Anda ketahui

Senin, 21 Juni 2021 | 12:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menurunkan kolesterol ini perlu Anda ketahui

ILUSTRASI. Mengonsumsi ikan tuna bisa jadi salah satu cara menurunkan kolesterol dalam tubuh. REUTERS/Beawiharta.

KONTAN.CO.ID - Kolesterol yang terlalu tinggi bisa mengganggu kesehatan Anda secara keseluruhan. Penting untuk Anda mempraktikkan berbagai macam cara menurunkan kolesterol. Dengan melakukannya, kesehatan Anda dapat terjaga.

Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis bahan alami agar jumlah kolesterol dalam tubuh lebih terkontrol. Meski demikian, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat tertentu.

Berkonsultasi dengan dokter akan menurunkan risiko munculnya beberapa jenis efek samping yang tidak Anda inginkan. Selain itu, juga mampu memaksimalkan manfaat yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi bahan-bahan berikut:

Asam lemak Omega-3

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak asam lemak Omega-3 bisa jadi salah satu cara menurunkan jumlah kolesterol. Asam lemak Omega-3 juga berfungsi sebagai antiinflamasi yang mana efektif mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan jenis penyakit lainnya dapat Anda hindari. Anda bisa menemukan banyak jenis makanan yang memiliki asam lemak omega-3 tinggi. Misalnya, ikan salmon, ikan tuna, dan kacang kenari.

Baca Juga: 4 Manfaat bawang putih, efektif menurunkan kolesterol

Bawang putih

Mengutip Web MD, kandungan yang terdapat dalam bawang putih mampu menurunkan jumlah kolesterol. Rutin mengonsumsi bawang putih pun efektif mengontrol tekanan darah sehingga risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung yang lain dapat berkurang.

Kedelai

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya adalah dengan mengonsumsi kedelai. Protein yang terkandung dalam kacang kedelai efektif menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ada banyak produk olahan kedelai yang bisa Anda konsumsi, seperti tahu, tempe, susu kedelai.

Baca Juga: Air rendaman biji ketumbar bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi

Whey protein

Cara menurunkan kolesterol berikutnya yang direkomendasikan Web MD adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan whey protein. Menurut sebuah penelitian, whey protein mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

Serat

Mengonsumsi jeruk atau jenis buah sitrus yang lain termasuk salah satu cara menurunkan kolesterol.

Serat, apalagi jenis serat yang larut dalam air, bisa menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak sumber makanan yang mengandung jenis serat tersebut. Mulai dari buah sitrus, barley, hingga apel.

Selanjutnya: Anda penderita kolesterol? Biji ketumbar efektif menurunkan kolesterol tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru