kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara menurunkan demam terbaik, bisa pakai bahan alami


Kamis, 11 Maret 2021 / 11:00 WIB
5 Cara menurunkan demam terbaik, bisa pakai bahan alami
ILUSTRASI. Salah satu manfaat cuka apel adalah bisa Anda gunakan sebagai cara menurunkan demam.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Demam adalah salah satu gejala yang dialami tubuh Anda saat tubuh terinfeksi penyakit. Tidak hanya flu, ada banyak jenis penyakit lain yang ditandai dengan demam. Supaya kondisi kesehatan tak semakin terganggu, Anda perlu mencoba berbagai macam cara menurunkan demam.

Sebenarnya, demam merupakan kondisi yang baik karena menunjukkan bahwa sistem imun tubuh berfungsi secara optimal. Sayangnya, demam membuat tubuh terasa tak nyaman. Bahkan, Anda kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Ada banyak obat yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan demam. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Dengan menggunakan obat meriang alami, kondisi kesehatan Anda akan membaik dan tetap terjaga.

Teh Herbal

Cara menurunkan demam yang pertama adalah dengan minum teh herbal. Mengutip dari Farmers’ Almanac (farmersalmanac.com), teh herbal bisa menghidrasi dan meningkatkan sistem imun tubuh dengan baik.

Pilihlah jenis teh herbal yang Anda sukai. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit air perasan lemon dan madu dalam teh herbal supaya vitamin C dan antioksidan yang Anda konsumsi bertambah. Dengan begitu, demam dan penyakit yang Anda alami bisa lebih cepat sembuh.

Baca Juga: 6 Cara menghilangkan jerawat secara alami, mudah dicoba

Epsom Salt

Cara mengatasi demam juga bisa Anda lakukan dengan berendam di larutan epsom salt, lo. Bahan alami itu mampu menghidrasi tubuh dengan baik. Tak hanya itu, kandungan magnesium dalam epsom salt mampu membantu tubuh mengeluarkan zat racun lebih banyak.

Caranya, campur dua gelas epsom salt ke air yang Anda gunakan untuk berendam. Anak-anak bisa berendam di larutan epsom salt selama 10 hingga 15 menit. Sedangkan orang dewasa bisa berendam di larutan itu selama 20 hingga 30 menit.

Essential Oil

Cara menurunkan panas badan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan essential oil. Anda hanya perlu mencampur beberapa tetes essential oil pilihan Anda ke dalam seember air. Setelah itu, celupkan handuk dalam air tersebut, peras, lalu letakkan di atas kening sebagai kompres.

Baca Juga: 6 Manfaat jahe untuk Anda, bisa mengatasi nyeri haid

Cuka Apel

Sama seperti cara menurunkan demam. Anda bisa mencampur air dan cuka apel dengan perbandingan 2:1. Setelah itu, gunakan campuran itu untuk membasahi handuk lalu gunakan untuk mengompres kening atau perut. Selain dipakai sebagai kompres, Anda juga bisa memakai cuka apel untuk berendam.

Perbanyak Waktu Istirahat

Memperbanyak waktu istirahat bisa jadi salah satu cara menurunkan demam.

Selain memanfaatkan bahan-bahan alami, cara menurunkan panas pun dapat Anda lakukan dengan memperbanyak waktu istirahat. Dengan beristirahat, tubuh menjadi memiliki lebih banyak energi untuk melawan serangan penyakit.

Selanjutnya: Sederet bahan alami yang bermanfaat untuk mengobati diabetes melitus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×