kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami


Kamis, 08 April 2021 / 10:50 WIB
5 Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami
ILUSTRASI. Mengonsumsi cokelat hitam termasuk salah satu cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jika Anda menderita hipertensi, ada banyak cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah melakukan cara-cara tersebut secara rutin. Jangan lupa pula untuk tetap berkonsultasi dengan dokter agar kondisi Anda terkontrol.

Tekanan darah tinggi yang tidak diatasi dengan baik berdampak buruk bagi kondisi jantung dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), ada beberapa hal yang bisa Anda coba supaya tekanan darah stabil.

Pertama, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin. Jika Anda belum terbiasa melakukan kegiatan itu, mulailah dengan berjalan kaki selama 30 menit. Seiring berjalannya waktu, intensitas olahraga bisa bertambah. Selain olahraga, tentu saja masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan.

Konsumsi Makanan Kaya Kalium

Supaya tekanan darah lebih terkontrol, cobalah untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung kalium. Jenis mineral itu akan membersihkan sodium dalam tubuh sehingga tekanan darah lebih baik. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalium adalah tomat, alpukat, dan yogurt.

Baca Juga: Sederet manfaat mangga untuk kesehatan: mencegh stroke sampai kanker

Kelola Stres dengan Baik

Salah satu cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami adalah dengan mengelola stres dengan baik. Saat stres, detak jantung meningkat sehingga pembuluh darah menyempit. Hal itulah yang membuat tekanan darah tak terkontrol.

Kondisi tersebut juga bisa semakin parah saat Anda mengonsumsi terlalu banyak alkohol. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres dengan baik. Cobalah melakukan berbagai macam kegiatan relaksasi. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat saran pelepas stres yang tepat.

Berhenti Merokok

Medical News Today merekomendasikan Anda untuk berhenti merokok supaya tekanan darah tak terlalu tinggi. Selain menurunkan tekanan darah, menghentikan kebiasaan merokok juga mampu menurunkan risiko berbagai macam penyakit sehingga kondisi tubuh Anda menjadi lebih terjaga.

Baca Juga: Kenali 4 kemungkinan penyebab pembengkakan jantung

Konsumsi Cokelat Hitam

Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate. Senyawa dalam bahan alami itu mampu mengendurkan pembuluh darah sehingga tekanan darah Anda menjadi lebih terkontrol.

Makan Buah Beri

Makan stroberi bisa jadi cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami.

Mengonsumsi buah beri berpengaruh pada tekanan darah Anda, lo. Polifenol, salah satu senyawa yang terkandung dalam buah beri, mampu menurunkan tekanan darah serta menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung yang lain.

Selanjutnya: Cara mengenali tanda penyakit jantung pada anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×