kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Mengobati Scabies Menggunakan Bahan Alami, Ampuh!


Senin, 15 Agustus 2022 / 12:12 WIB
5 Cara Mengobati Scabies Menggunakan Bahan Alami, Ampuh!
ILUSTRASI. Ilustrasi scabies


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Jakarta.  Scabies atau kudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh gigitan hewan, khususnya tungau atau yang disebut juga Sarcoptes scabiei. Untuk mengatasi masalah kulit tersebut, ada beberapa cara mengobati Scabies dengan menggunakan bahan-bahan alami rumahan.

Tungau menggali ke dalam kulit Anda dan menyebabkan gatal dan ketidaknyamanan. Mereka dapat menyebabkan ruam, kemerahan, dan lecet pada kulit yang menjadi gelaja scabies. 

Scabies tidak akan hilang tanpa pengobatan dan sangat menular. Bahkan, scabies bisa menular dari manusia ke manusia atau dari hewan ke manusia sekalipun.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar: Pembukaan Jadi 20 November Usai Diganti FIFA, Simak!

Oleh sebab itu penting untuk segera melakukan pengobatan jika mengalami gejala-gejala scabies.

Pasalnya, tungau kudis betina bersembunyi di bawah kulit dan bertelur. Telur tersebut menetas beberapa hari kemudian dan pindah ke permukaan kulit dan memulai siklus lagi. Hal tersebut yang menyebabkan tungau sangat mudah untuk menular.

Selain mengatahui bahan-bahan alami yang dapat mengobati scabies, Anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter supaya pengobatan menjadi lebih maksimal.

Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa cara mengobati scabies dengan memanfaatkan bahan alami, di antaranya:

1. Tea Tree Oil

Salah satu cara mengobati scabies, Anda bisa menggunakan tea tree oil. Pasalnya, tea tree oil efektif untuk kudis karena mengurangi gatal dan menyembuhkan ruam pada kulit, tetapi tidak bekerja dengan baik pada telur yang lebih dalam di kulit. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan beberapa tetes tea tree oil ke dalam botol semprot, dan menyemprotkannya ke tempat tidur Anda. Sehingga dapat membunuh tungau yang mungkin bersarang disana.

Tea tree oil mengandung antibakteri, antiinflamasi, acaricidal, dan antipruritik yang mampu menghilangkan rasa gatal akibat scabies serta membunuh tungau pula.

Baca Juga: Liverpool vs Crystal Palace: Live Streaming, Prediksi, dan Jadwal Liga Inggris

2. Neem

Neem juga mengandung sifat antiinflamasi, antibakteri dan analgesik yang efektif mengobati scabies.

Dikutip dari Healthline, studi pada 2008 ini menemukan bahwa menggunakan sampo ekstrak neem berhasil menyembuhkan scabies pada anjing yang terinfeksi. 

3. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Ternyata ekstrak atau gel lidah buaya juga dapat mengobati scabies loh. Penggunaan ekstrak lidah buaya mampu mengurangi rasa gatal akibat scabies.

4. Cabai Rawit

Cara mengobati scabies selanjutnya Anda bisa menggunaka cabai rawit loh. Cabai rawit dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit dan gatal akibat scabies. 

Beberapa orang percaya cabai rawit juga dapat membunuh tungau penyebab scabies, tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui cabai rawit bisa membunuh tungau scabies.

Baca Juga: Sering Kesemutan? Hati-Hati 5 Gejala Rematik yang Mungkin Anda Alami

5. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh memiliki sifat antimikroba, anestesi, dan antioksidan yang berkontribusi untuk mengobati scabies. Selain itu, minyak cengkeh Ini juga merupakan insektisida yang efektif. 

Dikutip dari Healthline, Satu studi yang diterbitkan pada tahun 2010 Trusted Source menunjukkan bahwa minyak cengkeh efektif dalam membunuh tungau penyebab scabies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×