5 Cara Menghilangkan Kutil Menggunakan Bahan Alami, Mau Coba?

Senin, 08 Agustus 2022 | 11:21 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Cara Menghilangkan Kutil Menggunakan Bahan Alami, Mau Coba?

ILUSTRASI. Cara menghilangkan kutil


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa cara menghilangkan kutil yang bisa Anda lakukan, salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Cukup banyak pilihan bahan alami yang cukup efektif menghilangkan kutil.

Kutil adalah benjolan kasar di kulit yang muncul disebabkan karena infeksi virus human papilloma. Meski tidak terlalu membahayakan, kutil dapat muncul di berbagai area kulit sehingga kemunculannya bisa menurunkan rasa percaya diri.

Sebelum Anda menggunakan bahan alami untuk menghilangkan kutil, pastikan Anda tidak mempunyai alergi tertentu serta sebaiknya berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Pekan 2 Ada Arsenal VS Leicester, Catat Jam Tayangnya

Lantas bagaimana cara menghilangkan kutil menggunakan bahan alami?

Melansir dari The Healthy, berikut beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil:

Lidah Buaya

Lidah buaya cukup populer dikenal mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit. Oleh sebab itu, ekstrak lidah buaya menjadi salah satu cara menghilangkan kutil.

Kandungan antiinflamasi dalam ekstrak lidah buaya mampu memperkecil ukuran kutil. Cobalah untuk mengoleskan ekstrak lidah buaya secara rutin supaya kutil bisa semakin kecil dan menghilang.

Madu

Cara menghilangkan kutil selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan madu. Madu mengandung antibakteri dan antivirus yang efektif menghilangkan kutil. Oleskan madu secara rutin dan tutup kutil menggunakan perban, lakukan hal tersebut setiap hari.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Grup F Ajang Unjuk Gigi Para Pemain Bintang Klub Eropa

Kulit Pisang

Perlu Anda ketahui, kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil loh. Hal tersebut dikarenakan kulit pisang mengandung kalium yang mampu melawan infeksi akibat virus human papilloma yang menyebabkan kutil. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat kulit pisang tersebut.

Kemangi

Dilansir dari The Healthy, cara menghilangkan kutil selanjutnya menggunakan ekstrak daun kemangi. Daun kemangi juga mengandung antivirus yang efektif menghilangkan kutil.

Caranya, Anda hanya tinggal menumbuk daun kemangi hingga halus. Lalu oleskan ke area kutil dan tutup menggunakan perban, lakukan secara rutin.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Pekan 4 Dibuka Oleh Laga Persik Kediri VS Borneo FC

Nanas

Cara menghilangkan kutil menggunakan bahan alami yang tidak boleh dilewatkan yaitu menggunakan nanas. Nanas mengandung zat asam dan enzim yang dapat melepaskan kutil di kulit. 

Pertama, buat jus atau tumbuk nanas hingga sangat halus. Setelah itu oleskan ke area kutil dan diamkan selama beberapa menit. lakukan cara tersebut secara rutin setidaknya dua kali sehari untuk mencapai hasil yang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru