kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara mengatasi vertigo yang bisa Anda jadikan pilihan


Senin, 23 Agustus 2021 / 14:12 WIB
5 Cara mengatasi vertigo yang bisa Anda jadikan pilihan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Vertigo merupakan salah satu penyakit yang membuat tubuh tidak nyaman. Kondisi itu menyebabkan Anda mengalami sensasi berputar dan pusing. Supaya kondisi tubuh tak memburuk, beberapa cara mengatasi vertigo perlu Anda coba.

Perlu diingat, beberapa cara dalam artikel ini hanya sebagai pelengkap, ya. Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter supaya vertigo mendapat perawatan yang tepat. Biasanya, dokter akan memberikan saran pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Anda bisa mulai mengatur makanan yang Anda konsumsi setiap hari, menggunakan beberapa jenis bahan alami, atau cara lain di bawah ini. Dengan begitu, risiko kemunculan vertigo dapat berkurang sehingga tubuh Anda pun tetap sehat.

Konsumsi vitamin D

Mengutip dari Everyday Health, vertigo bisa semakin parah saat tubuh Anda kekurangan vitamin D. Cobalah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi itu dengan rajin berjemur di bawah sinar matahari dan memperbanyak asupan makanan kaya vitamin D.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Tujuannya supaya Anda bisa mendapat dosis suplemen yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 4 Pilihan obat herbal sakit kepala ini mudah didapat

Yoga

Cara mengatasi vertigo yang perlu segera Anda coba adalah yoga. Selain melatih keseimbangan tubuh, yoga juga efektif melatih fleksibilitas dan memperkuat otot. Supaya hasilnya lebih efektif, tak ada salahnya untuk menggunakan layanan instruktur yoga.

Minum air putih

Salah satu cara mengatasi vertigo adalah minum air putih.

Melansir Everyday Health, gejala vertigo bisa semakin parah jika Anda mengalami dehidrasi. Usahakan untuk minum minimal delapan gelas per hari. Jumlah itu bisa berubah terkandung cuaca, kegiatan, atau kondisi tubuh Anda yang lain.

Kelola stres

Sadarkah Anda bahwa mengelola stres dengan baik bisa jadi salah satu cara mengatasi vertigo? Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan supaya stres bisa terkelola dengan baik. Mulai dari melakukan yoga, meditasi, hingga mencoba hobi baru.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat herbal vertigo yang bisa Anda coba

Atur makanan yang Anda konsumsi

Supaya vertigo tak semakin parah, sebaiknya atur makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Hindari makanan manis, makanan asin, alkohol, atau kafein supaya keseimbangan cairan dalam tubuh tak terganggu.

Alih-alih mengonsumsi jenis makanan tersebut, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Misalnya, sayur, buah, gandum utuh, dan makanan yang mengandung lean protein. Dengan rutin melakukannya, frekuensi dan gejala vertigo dapat Anda hindari.

Selanjutnya: Jahe hingga cengkih, inilah 4 obat herbal sakit kepala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×