kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Mengatasi Paru-Paru Basah dengan Mengonsumsi Obat Alami, Simak!


Jumat, 15 Juli 2022 / 12:20 WIB
5 Cara Mengatasi Paru-Paru Basah dengan Mengonsumsi Obat Alami, Simak!
ILUSTRASI. Cara Mengatasi Paru-Paru Basah dengan Mengonsumsi Obat Alami.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Paru-paru basah adalah penyakit yang cukup serius dan harus segera ditangani oleh dokter. Selain itu, ada beberapa cara alternatif yang bisa membantu mengatasi paru-paru basah dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang dipercaya bisa jadi obat. 

Sebelum itu, paru-paru basah adalah gangguan kesehatan yang terjadi di saluran pernapasan khususnya paru-paru. 

Paru-paru basah disebabkan oleh penumpukan cairan yang menyebabkan peradangan atau inflamasi. Hal tersebut akan menimbulkan gejala seperti sesak napas, demam, batuk, mudah lelah, dan lain-lain.

Baca Juga: Jadwal Final Piala Presiden Leg 2 Borneo FC VS Arema FC, Catat!

Sebagai alternatif, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa dijadikan obat alami paru-paru basah. Berikut daftar makanan tersebut, dilansir dari ETimes

Air putih

Perlu Anda ketahui, mengonsumsi air putih sangat penting untuk kesehatan. Air putih dipercaya dapat dijadikan obat paru-paru basah, lo. 

Pasalnya, meminum air putih secara rutin mampu mengeluarkan lendir yang menjadi penyebab paru-paru basah. 

Kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang mempunyai banyak khasiat. Salah satunya bisa dijadikan obat alami paru-paru basah. Soalnya, kunyit mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan akibat paru-paru basah.

Baca Juga: Nafsu Makan Berkurang? Catat 6 Gejala Penyakit Ginjal Ini

Buah sitrus 

Makanan yang dapat dijadikan obat paru-paru basah selanjutnya yaitu buah sitrus. Beberapa jenis buah sitrus, contohnya, lemon, jeruk, dan kiwi. 

Buah sitrus mengandung antioksidan dan mampu meningkatkan imunitas, sehingga dapat mengurangi risiko infeksi dan peradangan paru-paru basah. 

Madu 

Madu dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk itu, Anda harus tahu bahwa madu bisa dijadikan obat alternatif paru-paru basah. Pasalnya, madu mengandung banyak nutrisi yang baumik untuk kesehatan, khusus sistem pernapasan.

Oleh karena itu, madu dipercaya dapat dijadikan obat paru-paru basah. Meski madu dan berbagai jenis makanan lagi mempunyai khasiat tersebut, disarankan Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter dahulu sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan, Mampu Melancarkan Pencernaan

Makanan kaya protein 

Makanan yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk kesehatan, salah satunya paru-paru. Berbagai jenis makanan kaya protein berperan sebagai antiinflamasi dalam mengurangi risiko peradangan paru-paru basah.

Anda bisa mengonsumsi telur, ikan dan berbagai jenis makan kaya protein lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×