5 Cara mengatasi diare ini mudah dilakukan, mau coba?

Senin, 29 November 2021 | 07:21 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengatasi diare ini mudah dilakukan, mau coba?

ILUSTRASI. Cara mengatasi diare perlu segera Anda coba supaya kesehatan tak memburuk. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Supaya kesehatan tak semakin buruk, cara mengatasi diare perlu segera Anda lakukan. Anda tidak perlu merasa bingung karena ada banyak obat yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan masalah itu. Salah satunya dengan memakai bahan alami.

Yang dimaksud dengan diare adalah saat frekuensi buang air besar meningkat. Feses yang Anda keluarkan pun memiliki tekstur yang lebih lunak. Kondisi itu terjadi karena air tak terserap tubuh secara maksimal. Jika terus dibiarkan, tentu saja diare bisa menyebabkan tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan.

Sebenarnya, ada banyak obat apotek yang bisa Anda jadikan pilihan. Namun, memanfaatkan bahan alami untuk mengobati diare juga bisa Anda coba. Jika bahan-bahan alami ini tak bisa mengatasi diare, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Delima

Siapa yang suka delima? Ternyata, mengonsumsi jenis buah itu termasuk salah satu cara mengatasi diare, lo. Anda hanya perlu rutin minum jus delima supaya diare sembuh. Sama seperti buahnya, India.com mengatakan bahwa daun delima bisa memberikan manfaat serupa.

Baca Juga: Meredakan perut kembung, ini manfaat kencur untuk kesehatan

Lemon dan Mint

Bahan alami berikutnya yang cocok digunakan sebagai cara mengatasi diare adalah lemon dan mint. Seperti yang telah dikatakan, lemon mengandung antivirus dan antibakteri sehingga infeksi penyebab masalah pada sistem pencernaan dapat teratasi.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, siapkan segelas air lalu tambahkan 1 sdt air lemon dan 1 sdt ekstrak daun mint. Aduk rata lalu minum campuran itu tiga hingga empat kali dalam sehari.

Buah Delima

Delima dapat Anda gunakan sebagai cara mengatasi diare.

Salah satu bahan alami yang cocok dijadikan obat diare adalah buah delima. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin mengonsumsi buah delima. Pertama, Anda bisa makan buah delima secara langsung. Kedua, olah buah delima menjadi jus.

Baca Juga: Anda wajib tahu, berikut 4 gangguan sistem pencernaan

Lemon dan Garam

Anda dapat memakai lemon sebagai cara mengatasi diare.

Selain dikombinasikan dengan jahe, garam juga bisa Anda gabungkan dengan lemon. Antivirus dan antibakteri yang terkandung dalam lemon dan garam mampu mengobati sakit perut.

Keseimbangan pH tubuh juga bisa kembali dengan mengonsumsi lemon dan garam. Anda hanya perlu minum segelas air yang dicampur dengan air perasan satu lemon dan sejumput garam.

Jahe dan Garam

India.com merekomendasikan jahe dan garam sebagai obat herbal diare. Antijamur dan antibakteri yang terkandung dalam bahan-bahan alami itu efektif melawan penyebab infeksi. Selain mengatasi diare, jahe dan garam juga bisa mengatasi sakit perut.

Caranya, tumbuk jahe supaya Anda bisa mendapat ekstraknya. Setelah itu, campurkan 1 sdt ekstrak jahe dengan sejumput garam. Minum campuran itu sebanyak satu hingga dua kali sehari. Seiring berjalannya waktu, diare yang Anda alami dapat sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru