CLOSE [X]

5 Cara Membersihkan Komedo yang Mudah untuk Dilakukan

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara Membersihkan Komedo yang Mudah untuk Dilakukan

ILUSTRASI. Pakai bahan alami sebagai cara membersihkan komedo.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pori-pori yang tersumbat kotoran bisa memicu kemunculan komedo. Tentu saja cara membersihkan komedo perlu segera Anda lakukan. Tujuannya supaya komedo tidak menyebabkan jerawat dan masalah kulit lain yang lebih serius.

Sebenarnya, ada banyak produk perawatan kulit yang bisa Anda temukan di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami yang ada di sekitar Anda. Selain mudah digunakan, nutrisi yang terkandung dalam bahan alami juga bisa menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Meski demikian, Anda perlu melakukan uji coba terlebih dahulu. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian. Untuk mendapat hasil yang maksimal, usahakan untuk menggunakan bahan alami ini secara rutin, ya.

Oatmeal, Yogurt, dan Lemon

Selain membersihkan komedo dan sel kulit mati, oatmeal yang dicampur dengan yogurt dan lemon juga bisa mencerahkan kulit wajah. Pertama, campur 2 sdm oatmeal, 3 sdm yogurt, dan air perasan ½ lemon. Setelah teraduk rata aplikasikan pada kulit selama minimal 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Ini Mudah Dicoba

Lemon dan Putih Telur

Cara membersihkan komedo pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan lemon dan putih telur. Tak hanya menghilangkan komedo membandel, NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa putih telur juga efektif mengencangkan kulit Anda.

Pertama, kocok satu putih telur yang sudah ditambah dengan 2 sdt air lemon lalu aplikasikan pada are kulit yang berkomedo. Setelah kering, aplikasikan lapisan kedua lalu diamkan lagi selama 15 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air.

Minyak Kelapa

Anda bisa memakai minyak kelapa sebagai cara membersihkan komedo.

Kandungan dalam minyak kelapa mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di bagian kulit yang berkomedo kemudian diamkan beberapa saat sampai minyak kelapa terserap.

Baca Juga: 5 Masker Komedo yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

Madu dan Lemon

Jika Anda mencari cara membersihkan komedo, NDTV Food merekomendasikan kombinasi madu dan lemon. Caranya, campur 1 sdt air lemon dengan ½ sdt madu lalu aplikasikan pada kulit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

Gula dan Jojoba Oil

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari menggunakan gula dan jojoba oil. Selain membersihkan komedo, kombinasi bahan alami itu juga bagus untuk membersihkan sel kulit mati. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah.

Campurkan satu gelas gula dengan 3 sdm jojoba oil. Gosokkan campuran itu untuk membersihkan kulit. Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk melakukannya sebanyak dua kali dalam seminggu. Anda juga bisa mengganti jojoba oil dengan jenis minyak lain, misalnya minyak zaitun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru