kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara membersihkan gigi kuning, mudah Anda coba


Jumat, 23 Juli 2021 / 20:45 WIB
5 Cara membersihkan gigi kuning, mudah Anda coba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Seiring berjalannya waktu, warna gigi Anda bisa mengunging. Tentu saja, hal itu bisa mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara membersihkan gigi kuning yang bisa Anda jadikan pilihan.

Saat usia bertambah, enamel gigi semakin tipis. Hal itu menyebabkan lapisan gigi di belakang enamel yang berwarna kuning semakin tampak. Selain usia, beberapa faktor lain juga bisa menyebabkan gigi kuning.

Mulai dari kebiasaan merokok hingga minum teh atau kopi. Beberapa cara di bawah ini bisa mencerahkan warna gigi. Namun, jika hasil yang Anda ingin tak kunjung datang, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi.

Enzim buah

Mengutip dari Medical News Today, beberapa jenis enzim dalam buah-buahan bisa mencerahkan warna gigi. Misalnya, enzim papain yang ada dalam pepaya atau enzim bromelain dalam nanas.

Baca Juga: 4 Bahan yang bisa dipakai sebagai cara memutihkan gigi alami

Minyak kelapa

Cara membersihkan gigi kuning juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan minyak kelapa. Menurut sebuah penelitian, berkumur dengan minyak kelapa jadi salah satu cara efektif menghilangkan karang gigi yang menyebabkan warna gigi menguning.

Pasta gigi pemutih

Menyikat gigi dengan pasta gigi pemutih juga dapat Anda jadikan pilihan, lo. Melansir Medical News Today, menggunakan pasta gigi pemutih dapat membuat gigi satu hingga dua tingkat lebih cerah daripada warna gigi sebelumnya.

Cuka apel

Cuka apel dapat digunakan sebagai cara membersihkan gigi kuning.

Jika Anda mencari cara membersihkan gigi kuning, maka tak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada cuka apel. Apalagi, jika noda kuning hanya muncul di beberapa titik.

Meski demikian, usahakan untuk tidak memakai cuka apel terlalu sering, ya. Menggunakan cuka apel terlalu sering justru bisa merusak lapisan gigi.

Sejauh ini, penelitian yang dilakukan baru sebatas penelitian yang melibatkan hewan percobaan. Masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan manfaat itu.

Baca Juga: Cari cara memutihkan gigi alami? Pakai 4 bahan ini, yuk

Hidrogen peroksida dan baking soda

Gigi kuning juga bisa Anda atasi dengan memanfaatkan hidrogen peroksida dan baking soda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 menunjukkan, memakai pasta gigi yang mengandung bahan-bahan tersebut efektif mencerahkan warna gigi.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya sendiri, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Pertama-tama, campur 1 sdm baking soda dan 2 sdm hidrogen peroksida. Setelah teraduk rata, gunakan campuran itu untuk menyikat gigi Anda.

Selanjutnya: Moms, Ini Tiga Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×