O

5 Cara diet alami ini tak boleh Anda lewatkan, apa saja?

Selasa, 18 Mei 2021 | 12:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara diet alami ini tak boleh Anda lewatkan, apa saja?

ILUSTRASI. Mengonsumsi kopi hitam termasuk salah satu cara diet alami.


KONTAN.CO.ID - Ada banyak sekali cara diet alami yang bisa Anda lakukan. Tentu saja, Anda perlu melakukannya secara rutin supaya berat badan ideal bisa Anda dapatkan. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara diet sehat yang mudah untuk dicoba.

Pertama, perhatikan makanan ringan yang Anda konsumsi sehari-hari. Hindari menyimpan makanan ringan tinggi kalori di rumah Anda. Dengan begitu, cara menurunkan berat badan bisa lebih mudah Anda lakukan.

Cobalah mengonsumsi makanan ringan yang sehat dan rendah gula serta garam. Misalnya, buah, sayur, dan yogurt rendah lemak. Selain memerhatikan makanan ringan yang Anda konsumsi, masih banyak cara lain yang bisa Anda coba.

Tambah asupan protein

Mengutip dari Medical News Today, mengonsumsi makanan tinggi protein termasuk salah satu cara menurunkan berat badan secara alami. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 25-30 g dalam satu kali makan mendatangkan banyak manfaat.

Mulai dari mengatur nafsu makan, menjaga metabolisme tubuh, hingga mengontrol berat badan. Pilihlah makanan yang kaya protein, tapi rendah lemak. Misalnya, ikan, tahu, keju rendah lemak, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 8 Manfaat buah nanas untuk kesehatan, bisa jadi menu diet dan lancarkan pencernaan

Konsumsi kopi hitam

Tahukah Anda bahwa kopi hitam termasuk salah satu obat diet alami? Jenis kopi tersebut efektif mengatur metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh. Namun, pastikan untuk tidak menambahkan gula dalam kopi hitam yang Anda konsumsi, ya.

Perbanyak konsumsi serat

Cara diet alami selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi serat. Dengan mengonsumsi serat, rasa kenyang akan bertahan lebih lama sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebih dapat berkurang.

Selain itu, mengonsumsi serat juga dapat menyeimbangkan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Dengan begitu, sistem pencernaan Anda menjadi lebih sehat. Risiko sembelit pun dapat Anda hindari.

Baca Juga: Cara membantu menurunkan berat badan secara alami dengan kopi, ini kiatnya

Tambahkan cabai

Mengonsumsi cabai bisa jadi salah satu cara diet alami.

Mengonsumsi cabai termasuk salah satu cara diet cepat, lo. Medical News Today menyebutkan, efek itu berasal dari capsaicin yang terkandung dalam cabai. Capsaicin efektif meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan pembangkaran lemak.

Hindari pemanis tambahan

Cara diet alami berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan membatasi konsumsi pemanis tambahan. Gula yang Anda konsumsi akan diubah liver menjadi lemak.

Sel lemak itu kemudian masuk ke darah. Hal itulah yang membuat berat badan Anda bertambah.

Selanjutnya: Agar diet berhasil menurunkan berat badan, perbanyak protein dari makanan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru