Kecantikan & Kebugaran

5 Cara bebas bruntusan wajah berbahan alami

Minggu, 30 Mei 2021 | 04:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara bebas bruntusan wajah berbahan alami

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang bisa memiliki tipe jerawat yang berbeda-beda. Salah satu jenis jerawat yang cukup sering muncul adalah jerawat kecil-kecil atau biasa disebut dengan beruntusan. Ternyata, ada banyak cara menghilangkan bruntusan di wajah yang mudah dicoba, lo.

Memencet jerawat justru membuat kulit lebih meradang sehingga jerawat lebih sulit sembuh. Alih-alih memencet jerawat, cobalah untuk menggunakan bahan alami yang ada di sekitar Anda. Selain mudah didapat, nutrisi dalam bahan alami juga mampu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu, ya. Tujuannya untuk melihat apakah kulit Anda alergi dengan bahan-bahan alami ini atau tidak. Jika kulit tak iritasi, Anda bisa melanjutkan pemakaian bahan alami untuk menyembuhkan jerawat.

Lidah Buaya

Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengobati jerawat adalah lidah buaya. Mengutip dari Today (today.com), kandungan dalam lidah buaya memberikan efek menyejukkan untuk kulit sehingga beruntusan bisa hilang dengan lebih cepat.

Baca Juga: Mudah Anda coba, berikut 4 cara menghilangkan jerawat secara alami

Madu

Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah adalah madu. Bukan tanpa alasan, manfaat itu berasal dari kandungan antibakteri dalam madu. Dengan pemakaian rutin, beruntusan tidak akan parah, bahkan bisa menghilangkannya secara maksimal.

Putih Telur

Tahukah Anda bahwa putih telur bisa digunakan untuk menghilangkan beruntusan? Anda bisa mengocok putih telur terlebih dahulu lalu aplikasikan pada wajah. Selain mengatasi beruntusan, rutin menggunakan putih telur juga efektif menyamarkan garis halus dan masalah kulit yang lain.

Minyak Alpukat

Today merekomendasikan Anda untuk memanfaatkan minyak alpukat. Ada banyak nutrisi penting dalam minyak alpukat yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat. Mulai dari asam linoleat, asam oleat, vitamin A, Vitamin D, vitamin C, dan nutrisi-nutrisi yang lain.

Anda bisa menggunakan minyak alpukat secara langsung. Bahkan, minyak alpukat cocok digunakan untuk mengatasi kulit kering. Dengan pemakaian rutin, minyak alpukat mampu mencerahkan warna kulit Anda.

Baca Juga: 4 Cara mengencangkan kulit wajah memakai bahan alami

Cuka Apel

Cara menghilangkan bruntusan di wajah bisa Anda lakukan dengan cuka apel.

Cuka apel tidak boleh ketinggalan dari daftar bahan alami yang digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah.

Zat asam yang terkandung dalam cuka apel mampu melawan bakteri sehingga kesehatan kulit terjaga. Jika Anda ingin menggunakan cuka apel, jangan lupa untuk mencampurnya dulu dengan air, ya.

Selanjutnya: Efektif, inilah 5 masker untuk jerawat dari bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru