kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,82   2,18   0.24%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara agar Rambut Tidak Mengembang, Pakai Bahan Alami


Kamis, 27 Januari 2022 / 10:53 WIB
5 Cara agar Rambut Tidak Mengembang, Pakai Bahan Alami
ILUSTRASI. Cara agar rambut tidak mengembang bisa Anda lakukan memakai bahan alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penataan rambut menjadi lebih mudah ketika kondisinya tidak kering dan mengembang. Nah, dalam artikel ini, Anda bisa menemukan bahan alami apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai cara agar rambut tidak mengembang.

Kondisi tersebut bisa semakin parah karena cuaca yang lembab dan basah. Rambut kering berusaha mencari kelembaban dari udara di sekeliling Anda. Alih-alih menjadi lembab dan mudah diatur, folikel rambut justru membengkak sehingga rambut terlihat semakin mengembang.

Selain cuaca, ada hal lain yang dapat memperparah kondisi rambut Anda. Mulai dari alat atau produk penata rambut hingga sampo yang mengandung alkalin. Untuk mengatasi rambut mengembang, Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Cuka Apel

Mengutip dari Healthline (healthline.com), cuka apel memiliki kandungan asam yang mampu menyeimbangkan pH rambut. Selain itu, cuka apel juga dapat membersihkan sisa produk yang tertinggal di rambut sehingga rambut Anda akan terlihat lebih berkilau.

Caranya, campur 1/3 gelas cuka apel dengan 1 L air hangat. Gunakan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut lalu diamkan dulu selama 1-3 menit kemudian bilas dengan air. Anda bisa menggunakan cuka apel sebanyak satu kali dalam seminggu.

Baca Juga: Mudah Dicoba, Ini 6 Cara Mengatasi Rambut Mengembang

Alpukat

Cara agar rambut tidak mengembang bisa memakai alpukat.

Tak hanya enak dimakan, alpukat juga cocok untuk mengatasi rambut Anda yang mengembang. Anda perlu menumbuk sebuah alpukat matang berukuran sedang. Selanjutnya, tambahkan 2-4 sdm minyak kelapa. Setelah teraduk rata, gunakan pada rambut selama 20-30 menit kemudian bilas dengan sampo.

Minyak Kelapa

Cara agar rambut tidak mengembang selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai minyak kelapa. Bahan alami tersebut cukup mudah meresap ke rambut dan bisa melembabkan rambut dengan baik.

Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa di kulit kepala dan rambut dengan ukuran secukupnya. Setelah itu, diamkan dulu selama 15 menit kemudian bilas dengan sampo untuk membersihkan sisa minyak kelapa.

Baca Juga: Coba 6 cara cepat memanjangkan rambut di rumah ini, yuk

Madu

Bukan lagi jadi rahasia bila madu dimanfaatkan untuk merawat rambut. Anda bisa mencampur 2 sdm madu dengan minyak kelapa sebelum mengoleskannya ke rambut. Diamkan dulu selama 15 menit kemudian bersihkan memakai air dingin.

Telur

Selain bahan-bahan di atas, cara agar rambut tidak mengembang juga bisa Anda coba dengan memanfaatkan telur. Healthline mengatakan bahwa bahan alami ini mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan rambut, seperti biotin dan vitamin.

Pertama, kocok dua butir telur hingga berbusa. Setelah itu, gunakan telur di rambut dan kulit kepala kemudian tutup rambut dengan shower cap. Diamkan dulu selama 15 menit kemudian cuci rambut menggunakan sampo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Strategi Penagihan Kredit / Piutang Macet secara Dini & Terintegrasi serta Aman dari Jerat Hukum

[X]
×