5 Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Efektif Menjaga Gula Darah

Jumat, 24 Juni 2022 | 11:57 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
5 Camilan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Efektif Menjaga Gula Darah

ILUSTRASI. Camilan sehat untuk penderita diabetes yang efektif menjaga gula darah.


KONTAN.CO.ID - Memilih camilan sehat bisa jadi sulit ketika Anda menderita diabetes. Nah, berikut ini camilan sehat untuk penderita diabetes yang efektif menjaga gula darah.

Kuncinya adalah memilih camilan yang tinggi serat, protein, dan lemak sehat. Nutrisi ini akan membantu menjaga kadar gula darah Anda terkendali.

Penting juga untuk mengemil makanan padat nutrisi yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Mengutip Healthline, berikut makanan ringan yang sangat baik untuk penderita diabetes:

1. Telur rebus

Telur rebus adalah camilan super sehat untuk penderita diabetes. Kandungan proteinnya benar-benar membuatnya bersinar. 

Satu telur rebus besar menyediakan 6 gram protein, yang berguna untuk diabetes karena menjaga gula darah Anda tidak naik terlalu tinggi setelah Anda makan.

Dalam sebuah penelitian, 65 orang dengan diabetes tipe 2 makan dua telur setiap hari selama 12 minggu.

Di akhir penelitian, mereka mengalami penurunan kadar gula darah puasa yang signifikan. Mereka juga memiliki hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang merupakan ukuran kontrol gula darah jangka panjang.

Baca Juga: Jagung Efektif Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes, Begini Cara Konsumsi

Telur juga meningkatkan rasa kenyang, aspek penting dalam mengelola diabetes tipe 2. Penyakit ini dikaitkan dengan kemungkinan yang lebih besar untuk menjadi kelebihan berat badan dan mengembangkan penyakit jantung.

Penderita diabetes bisa menikmati satu atau dua telur rebus untuk camilan sendiri, atau menghiasinya dengan topping sehat seperti guacamole yang berbahan dasar alpukat.

2. Alpukat

Jika Anda menderita diabetes, mengemil alpukat bisa membantu mengelola kadar gula darah Anda.

Kandungan serat yang tinggi dan asam lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat menjadikannya makanan yang ramah diabetes. Faktor-faktor ini dapat mencegah gula darah Anda melonjak setelah makan.

Satu studi menemukan, penderita diabetes tipe 2 yang memasukkan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan mereka secara teratur mengalami peningkatan yang signifikan dalam mengelola kadar gula darah mereka.

Anda bisa makan alpukat saja, atau membuatnya menjadi seperti guacamole. Karena alpukat cukup tinggi kalori, yang terbaik adalah tetap dengan ukuran porsi seperempat hingga setengah alpukat.

3. Steik sapi

Steik sapi ramah diabetes. Yang membuat steik sapi menjadi camilan yang sangat baik untuk penderita diabetes adalah kandungan protein dan karbohidratnya yang rendah.

Kebanyakan steik sapi menyediakan sekitar 6 gram protein per ons (28 gram), yang bisa membantu menjaga gula darah Anda tetap terkendali.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gejala Gula Darah Tinggi, Semakin Waspada Diabetes

Jika memungkinkan, Anda harus memilih steik sapi yang dibuat dengan daging sapi yang diberi makan rumput. 

Dibandingkan dengan daging sapi yang diberi makan biji-bijian, daging sapi yang diberi makan rumput lebih tinggi asam lemak omega-3, yang dikenal karena peran potensial mereka dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Penting untuk dicatat, steik sapi bisa tinggi sodium, yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi pada beberapa orang jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, jika Anda makan steik sapi, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

4. Buncis panggang

Buncis adalah kacang polong yang sangat sehat. Ada hampir 15 gram protein dan 13 gram serat dalam 1 cangkir (164 gram) porsi buncis, menjadikannya camilan yang sangat baik untuk penderita diabetes.

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi buncis secara teratur dapat berperan dalam mencegah perkembangan diabetes, berkat potensinya untuk membantu mengelola kadar gula darah.

Dalam sebuah penelitian, 19 orang dewasa yang mengonsumsi makanan berbahan dasar buncis setiap hari selama enam minggu memiliki kadar gula darah dan insulin yang jauh lebih rendah setelah makan, dibanding individu yang mengonsumsi makanan berbahan dasar gandum.

Salah satu cara membuat buncis mudah untuk disantap adalah dengan memanggangnya, yang membuatnya renyah dan nyaman. Rasanya enak saat dipanggang dengan minyak zaitun dan bumbu pilihan Anda.

Baca Juga: 3 Daun Ini Terbukti Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes, Anda Bisa Jajal

5. Popcorn

Popcorn adalah makanan ringan gandum utuh yang sangat populer dan sehat.

Ini telah dianggap sebagai salah satu makanan ringan terbaik untuk penderita diabetes, sebagian karena kepadatan kalorinya yang rendah. Satu cangkir (8 gram) popcorn hanya mengandung 31 kalori.

Ngemil makanan rendah kalori bisa membantu mengontrol berat badan, yang dikenal dapat menurunkan kadar gula darah dan pengelolaan diabetes tipe 2 secara keseluruhan.

Selain itu, popcorn menyediakan 1 gram serat per porsi 1 cangkir (8 gram), yang merupakan sifat lain yang menjadikannya makanan ramah diabetes.

Karena sebagian besar popcorn kemasan penuh dengan garam, lemak trans, dan bahan-bahan tidak sehat lainnya, paling sehat untuk mengeluarkan popcorn buatan Anda sendiri.

Itulah camilan sehat untuk penderita diabetes yang efektif menjaga gula darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru