kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Buah untuk obat ginjal yang bisa Anda coba


Jumat, 27 Agustus 2021 / 12:22 WIB
5 Buah untuk obat ginjal yang bisa Anda coba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah untuk obat ginjal. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak jenis buah yang bisa Anda jadikan pilihan.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah pilihlah jenis buah yang mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan jenis mineral yang lain. Hindari jenis buah yang memiliki banyak kalium dan fosfor karena justru dapat memperparah kondisi ginjal.

Anda bisa memasukkan beberapa jenis buah dalam menu sehat yang Anda makan setiap hari. namun, setiap orang membutuhkan asupan buah yang berbeda-beda, tergantung dari kondisi kesehatannya.

Jadi, sebaiknya lakukan konsultasi dulu ke dokter sebelum rutin mengonsumsi beberapa jenis buah ini. Setelah mendapat saran porsi yang tepat, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan ini secara rutin untuk menjaga kesehatan ginjal.

Baca Juga: 5 Makanan ini bisa Anda jadikan obat herbal ginjal, lo

Nanas

Medicine Net (medicinenet.com) mengatakan bahwa nanas merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk kesehatan ginjal. Bromelain, salah satu enzim yang terdapat dalam nanas mampu menghancurkan batu ginjal. Jenis buah itu juga dipenuhi dengan vitamin C yang efektif menjaga sistem imun tubuh.

Apel

Apel termasuk dalam daftar buah untuk obat ginjal. Bukan tanpa alasan, apel mengandung banyak antiinflamasi dan serat yang mampu meningkatkan fungsi ginjal. Tidak berhenti sampai di situ, rutin mengonsumsi apel juga bisa menurunkan kolesterol dan jumlah gula darah.

Stroberi

Stroberi jadi bahan alami berikutnya yang layak dikonsumsi secara rutin untuk menghindari kerusakan ginjal. Melansir Medicine Net, stroberi mengandung beberapa jenis fenol yang baik untuk kondisi kesehatan ginjal.

Antiinflamasi dan antioksidan dalam stroberi pun baik untuk menghindari efek stres oksidatif penyebab berbagai jenis penyakit. Anda bisa mencampur stroberi dengan oatmeal, mengolahnya jadi smoothie, atau mengonsumsinya secara langsung.

Baca Juga: Bisa jadi obat jantung lemah, konsumsi 6 makanan ini

Anggur

Anggur dapat dimanfaatkan sebagai buah untuk obat ginjal.

Jika Anda mencari buah untuk obat ginjal, maka anggur tak boleh Anda lewatkan. Jenis buah itu memiliki kandungan vitamin C dan vitamin K tinggi yang bisa menurunkan risiko penyakit ginjal. Anggur juga memiliki banyak serat yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Buah Sitrus

Berbagai macam buah sitrus, seperti jeruk atau lemon, dapata dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan ginjal. Dengan rutin mengonsumsi buah sitrus, risiko pembentukan batu ginjal dalam tubuh Anda dapat berkurang.

Selanjutnya: Bisa jadi obat herbal ginjal, Anda bisa manfaatkan 5 makanan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×