5 Buah untuk diabetes yang perlu dikonsumsi secara rutin

Senin, 07 Desember 2020 | 08:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Buah untuk diabetes yang perlu dikonsumsi secara rutin

ILUSTRASI. Salah satu cara menurunkan gula darah adalah dengan mengonsumsi buah untuk diabetes.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengonsumsi buah untuk diabetes penting untuk menurunkan dan mengontrol gula darah. Anda bisa makan buah yang kaya serat sehingga gula darah tak mengalami lonjakan. Selain itu, pastikan untuk makan buah tanpa diberi pemanis tambahan supaya kondisi kesehatan tetap terjaga.

Bluberi

Bagi penderita diabetes, blueberi atau jenis buah beri lainnya cocok dikonsumsi secara rutin. Jenis buah ini mengandung banyak antioksidan serta serat. Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), segelas bluberi mengandung 84 kalori dan 21 g karbohidrat.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi bluberi. Anda dapat memakannya secara langsung atau mengolahnya menjadi hidangan lezat. Misalnya, And abisa menambah yogurt tambah lemak dan mengonsumsinya sebagai sarapan atau camilan di antara jadwal makan berat.

Ceri

Selain buah-buahn beri, Anda juga dapat mengonsumsi ceri. Dalam segelas ceri, Anda bisa mendapat 52 kalori dan 12.5 g karbo. Tak hanya itu, ceri juga mengandung antiinflamasi yang tinggi sehingga mampu meredakan peradangan dalam tubuh Anda.

Baca Juga: Minum air rebusan daun kersen efektif mengobati asam urat

Selain mengatasi jumlah gula darah dalam tubuh penderita diabetes, antioksidan dalam ceri juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit. Ceri bisa dibeli secara langsung. Namun, jika Anda membelinya dalam kemasan kaleng, pastikan tidak ada tambahan gula dalam produk tersebut.

Persik

Buah untuk diabetes selanjutnya yang layak Anda coba adalah buah persik. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam sebuah persik berukuran sedang. Mulai dari 59 kalori, 14 g karbohidrat, 10 mg vitamin C, 285 mg potasium.

Banyaknya potasium dalam buah persik membuat metabolisme meningkat. Anda bisa mengonsumsi buah persik secara langsung atau mengolahnya menjadi smoothie. Caranya dengan mencampur buah persik dengan buttermilk rendah lemak, es batu, dan sedikit kayu manis serta jahe.

Baca Juga: Kaya antioksidan, inilah manfaat labu siam untuk Anda

Apel

Selain jenis buah di atas, apel juga bisa Anda konsumsi secara rutin. Buah ini mengandung 95 kalori, 25 g karbo, 8.73 mg vitamin C, dan lain sebagainya. Everyday Health menyarankan supaya Anda mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya karena mengandung lebih banyak antioksidan dan serat.

Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah untuk diabetes yang bisa Anda konsumsi.

Jika Anda ingin mengonsumsi buah dengan rasa segar, jeruk adalah jawabannya. Jenis buah ini mengandung 237 g potasium di mana mampu menormalkan jumlah gula darah dalam tubuh Anda. Selain jeruk, Anda juga bisa makan buah asam lain, seperti anggur dan lain-lain.

Selanjutnya: 6 Jus yang efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

 

Editor: Belladina Biananda
Terbaru