5 Bahaya Asam Lambung yang Mungkin Akan Anda Alami, Waspada!

Minggu, 05 Juni 2022 | 07:15 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Bahaya Asam Lambung yang Mungkin Akan Anda Alami, Waspada!


KONTAN.CO.ID - Asam lambung naik adalah gangguang kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, asam lambung dapat membahayakan kesehatan jika tidak segera diberikan penanganan yang serius. 

Sebelum mengetahui lebih lanjut bahaya dari penyakit atau gejala asam lambung, sebaiknya Anda melakukan pencegahan sebelum mengalaminya. Salah satu pencegahan yang paling mudah adalah dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan menghindari hal-hal yang kurang baik untuk kesehatan.

Contohnya, tidak atau berhenti merokok, menghindari makanan berlemak, sering berolahraga, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan hal lain yang untuk menghindari asam lambung serta kesehatan tubuh lainnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Wajah, Simak!

Melansir dari WebMD, ada beberapa bahaya asam lambung yang perlu diwaspadai, di antaranya:

Pembusukan Gigi

Perlu Anda ketahui pembusukan gigi adalah salah satu bahaya asam lambung loh. Pasalnya, saat asam lambung naik ke saluran pencernaan bagian atas di antaranya mulut. Hal tersebutlah yang berisiko membuat adanya pembusukan gigi yang diakibatkan oleh asam lambung.

Luka Esofagus

Bahaya asam lambung lainnya yaitu munculnya luka di area esofagus atau saluran penyambung antara kerongkongan dan lambung. Jika terjadi hal tersebut tentu membahayakan serta dapat menimbulkan rasa sakit di area dada, saat menelan, hingga mual.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Batuk Kering, Sudah Coba 5 Obat Alami Ini?

Kanker Esofagus

Jika asam lambung naik dibiarkan dalam jangka waktu berkepanjangan, hal tersebut tidak hanya menimbulkan luka di area esofagus saja. Melainkan sangat berisiko menimbulkan pertumbuhan sel-sel kanker. 

Oleh sebab itu, jika Anda mengalami gejala asam lambung naik segera periksa ke dokter untuk melakukangan penanganan sebelum terkena kanker esofagus.

Esofagus Barrett

Hal yang perlu Anda waspadai jika mempunyai riwayat asam lambung lainnya adalah Esofagus Barrett. Pasalnya, penyakit tersebut awalnya tidak menunjukan gejala apapun. Meski demikian, Anda harus tetap waspada dan segera melakukan pengobatan untuk asam lambung yang Anda idap.

Baca Juga: Cara Meredakan Gusi Bengkak, Coba Gunakan 6 Bahan Alami Ini

Esofagitis

Dilansir dari WebMD, jika asam lambung naik dibiarkan akan membuat lapisan kerongkongan meradang atau disebut sebagai esofagitis. Hal tersebut akan membuat Anda kesulitan menelan makan hingga minuman sekalipun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru