5 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mencegah dan Mengobati Osteoporosis

Senin, 23 Januari 2023 | 12:25 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
5 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mencegah dan Mengobati Osteoporosis


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Osteoporosis bisa membuat tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Ini 5 bahan alami yang efektif mengobati osteoporosis. 

Osteoporosis, gangguan kesehatan tulang yang bisa menyerang laki-laki dan perempuan. 

Baca Juga: Aturan Konsumsi Madu agar Efektif Meredakan Asam Lambung Tinggi

Biasanya, perempuan pasca menopause dan laki-laki dewasa tua memiliki risiko lebih tinggi menderita osteoporosis. 

Mengutip dari situs Verywell Health, osteoporosis merupakan kondisi yang mengakibatkan tulang menjadi lemak, rapuh, dan rentan patah tulang.

Faktor lainnya yang bisa meningkatkan risiko osteoporosis adalah riwayat keluarga, pola makan, kondisi medis tertentu, tubuh tidak aktif, merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan berat badan. 

Osteoporosis yang terlambat didiagnosis ditambah cedera bisa mengakibatkan sakit punggung, kehilangan tinggi badan, dan postur tubuh yang bungkuk. 

Bahan alami yang efektif mengobati osteoporosis 

Ada banyak bahan alami yang direkomendasikan untuk mengobati osteoporosis. 

Berikut bahan herbal yang bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mengobati osteoporosis: 

1. Sage merah 

Sage merah tanaman yang digunakan dalam pengobatan herbal Tiongkok untuk mengatasi osteoporosis.

Hasil tinjauan dari 36 uji klinis menemukan sage merah berhasil mengobati atau memperbaiki lebih dari 80% kasus osteoporosis. Namun, sebagian besar penelitian hanya terdiri dari penelitian jangka pendek. 

Asal tahu saja, sage merah mengandung asam salvianolic, tanshinones, dan magnesium lithospermate B yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang. 

Asam salvianolic memiliki sifat antioksidan yang mencegah peradangan dan produksi radikal bebas yang berhubungan dengan kerusakan tulang. Senyawa ini juga bisa membantu pertumbuhan tulang. 

Sage merah juga merupakan sumber vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang. 

2. Semanggi merah 

Semanggi merah telah lama diginakan sebagai pengobatan pelengkap gejala menopause seperti hot flashes, kanker, dan berbagai masalah pernapasan. 

Hasil sebuah penelitian tahun 2015 yang melibatkan 60 perempuan mmenopause menyebutkan bahwa kepadaran mineral tulang mereka meningkat setelah konsumsi 150 mg semanggi merah selama 12 minggu. 

3. Ekor kuda 

Ekor kuda tanaman herbal yang mengandung quercetin, asam oleanolic, dan asam ursolat yang bisa meningkatkan kadar kalsium dan meningkatkan pertumbuhan tulang. 

Ekor kuda mengandung senyawa silika, suplemen yang dihubungkan dengan peningkatan kepadatan dan kekuatan mineral tulang. 

4. Thyme 

Thyme banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengobati kondisi pernapasan, saraf, dan jantung. 

Sebuah penelitian tabung mengonsumsi 1.000 mg thyme setiap hari selama enam bulan bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang lebih baik daripada suplemen kalsium atau vitamin D. 

Thyme merupakan sumber kalsium, vitamin K, magnesium, mangan, dan seng. Kandungan nutrisi tersebut membuat thyme bisa meningkatkan kesehatan tulang. 

5. Kunyit 

Kandungan kurkumin dalam kunyit bisa membantu kepadatan tulang yang rendah. 

Sebuah penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kurkumin selama enam bulan menunjukkan peningkatan signifikan pada 57 orang dengan kepadatan tulang yang rendah. 

Namun, penelitian lebih lanjut tetap dibuktikan untuk mengetahui secara keseluruhan manfaat kurkumin kunyit dalam mengobati osteoporosis. 

Baca Juga: 4 Obat Alami yang Efektif Mengobati Penyakit Eksim

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru