5 Bahan Alami Terbaik Sebagai Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Rabu, 29 Desember 2021 | 13:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Bahan Alami Terbaik Sebagai Cara Menghilangkan Kutu Rambut

ILUSTRASI. Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis bahan alami sebagai cara menghilangkan kutu rambut.


KONTAN.CO.ID - Cara menghilangkan kutu rambut perlu segera Anda lakukan supaya kondisi kesehatan rambut dan kulit kepala tetap terjaga. Anda tak perlu bingung karena infeksi kutu bisa Anda atasi dengan memakai bahan alami.

Keberadaan kutu membuat kulit kepala menjadi gatal. Jika hal itu dibiarkan, bukan tidak mungkin garukan Anda di kulit kepala mengalami infeksi. Agar kondisi Anda tak semakin parah, cobalah untuk memakai perawatan rambut yang dijual di pasaran.

Selain produk-produk tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang berada di sekitar Anda, lo. Tidak hanya mudah didapat, bahan alami juga cukup aman dan efektif membersihkan serangan kutu di rambut Anda.

Minyak kelapa

The Healthy merekomendasikan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan kutu rambut yang bisa Anda coba. Aplikasikan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala lalu diamkan dulu selama minimal dua jam sebelum Anda membersihkan kutu-kutu yang mati.

Baca Juga: 5 Obat Kutu Rambut Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Mayones

Tahukah Anda bahwa mayones bisa dimanfaatkan untuk membunuh kutu di rambut? Anda hanya perlu mengaplikasikan mayones di seluruh kulit kepala dan rambut lalu tutup dengan shower cap. Tujuannya agar seluruh kutu mati.

Anda bisa melakukannya selama semalaman. Di pagi hari, bersihkan rambut dengan sisir kutu. Jangan lupa untuk membersihkan mayones yang menempel di rambut dengan sampo yang biasa Anda gunakan.

Minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun sebagai cara menghilangkan kutu rambut.

Selain minyak kelapa, Anda juga bisa memakai minyak zaitun sebagai penghilang kutu. Tidak hanya berperan sebagai pembasmi kutu rambut, rutin memakai minyak zaitun juga bisa menjaga kesehatan rambut.

Namun, pastikan untuk tidak memakainya dalam jumlah yang terlalu banyak, ya.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kutu rambut ini bisa Anda coba di rumah

Tea tree oil

Cara menghilangkan kutu rambut lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai tea tree oil. Menurut sebuah penelitian, 1% tea tree oil mampu membunuh sekitar 100 kutu dalam waktu 30 menit.

Tapi, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal itu.

Jika Anda tertarik untuk memakai tea tree oil, cobalah untuk melakukannya sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk mencampurnya dengan minyak almond atau minyak zaitun.

Untuk menghindari reaksi alergi, jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu, ya.

Cuka dan garam

Anda bisa memanfaatkan cuka dan garam sebagai obat pengusir kutu. Mengutip dari The Healthy, garam berfungsi untuk membuat kutu dehidrasi, sementara cuka bekerja untuk membunuh kutu.

Kandungan dalam cuka akan mengurangi perekat yang dimiliki kutu sehingga lebih mudah untuk dibersihkan dari rambut dan kulit kepala.

Anda hanya perlu menyemprotkan kombinasi bahan alami itu lalu diamkan dulu selama tiga menit. Setelah itu, sisir rambut untuk membersihkan kutu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru