kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Vitamin daya tahan tubuh terbaik untuk kesehatan Anda


Senin, 08 Maret 2021 / 15:03 WIB
4 Vitamin daya tahan tubuh terbaik untuk kesehatan Anda
ILUSTRASI. Vitamin C adalah salah satu vitamin daya tahan tubuh yang perlu Anda konsumsi.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara meningkatkan imun tubuh yang bisa Anda lakukan. Mulai dari olahraga hingga memerhatikan asupan vitamin daya tahan tubuh secara rutin. Dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin itu, risiko tubuh terserang penyakit bisa turun.

Tak hanya memproteksi tubuh dari serangan penyakit, sistem imun yang baik mampu membantu tubuh mengeluarkan zat racun lebih banyak. Artinya, kondisi tubuh Anda akan tetap prima. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

Selain mengandung vitamin, bahan alami, seperti buah dan sayur, mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa terjaga.

Mengutip dari Cleveland Clinic (health.clevelandclinic.org), sistem imun terbaik tidak bisa didapat dalam waktu singkat. Anda perlu terus mengonsumsi makanan bergizi supaya daya tahan tubuh terjaga. Jika dibutuhkan, Anda pun dapat mengonsumsi suplemen vitamin.

Baca Juga: Segudang manfaat bawang putih untuk kesehatan, mengandung vitamin C

Vitamin E

Vitamin daya tahan tubuh pertama yang perlu Anda konsumsi adalah vitamin E. Jenis vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang menjaga tubuh dari serangan penyakit. Ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin E, seperti selai kacang, biji bunga matahari, dan kacang almond.

Vitamin D

Jus jeruk mengandung banyak vitamin daya tahan tubuh, seperti vitamin E dan vitamin C.

Vitamin D termasuk salah satu vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin itu dari sinar matahari, vitamin D juga bisa Anda temukan di beberapa jenis makanan.

Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon, ikan tuna, sereal, dan jus jeruk. Jika dibutuhkan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D. Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter supaya Anda bisa mendapat dosis yang tepat.

Vitamin A

Vitamin untuk daya tahan tubuh berikutnya yang tidak boleh Anda lupakan adalah vitamin A. Anda bisa mendapat vitamin A dari berbagai jenis makanan, baik hewani ataupun nabati. Misalnya, ikan tuna, daging, produk olahan susu, wortel, labu, atau jenis sayuran hijau yang lain.

Baca Juga: 5 Makanan yang mengandung vitamin E ini bisa rutin Anda konsumsi

Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin daya tahan tubuh terbaik yang perlu Anda cukupi. Karena bisa ditemukan dengan mudah, Cleveland Clinic merekomendasikan Anda untuk tidak mengonsumsi suplemen tambahan.

Kecuali jika dokter menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen vitamin C. Tidak hanya berasal dari buah dengan rasa yang asam, vitamin C juga bisa Anda temukan di buah pepaya, sayur bayam, buah stroberi, atau sayur kale.

Selanjutnya: 4 Cara mendongkrak imun tubuh yang perlu Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×