4 Tips untuk ibu hamil yang terinfeksi Virus Corona

Jumat, 16 Juli 2021 | 15:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Tips untuk ibu hamil yang terinfeksi Virus Corona

ILUSTRASI. Ibu hamil yang terinfeksi Virus Corona perlu melakukan beberapa hal untuk menjaga kesehatan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus Corona bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Meski sudah sembuh, biasanya masih ada beberapa gejala Covid-19 yang bisa Anda alami, seperti kelelahan. Supaya kondisi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan dapat terjaga, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Mengutip dari Only My Health (onlymyhealth.com), biasanya masa pemulihan akibat infeksi Virus Corona berlangsung selama 14 hari. Namun, periode tersebut bisa berbeda, tergantung dari kondisi tubuh penderita.

Untuk ibu hamil, umumnya waktu pemulihan berlangsung selama satu bulan. Nah, dalam masa pemulihan itu, Anda perlu memerhatikan kesehatan tubuh. Selain mempraktikkan beberapa cara ini, usahakan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi kesehatan Anda, ya.

Baca Juga: Positif Covid-19, ibu menyusui tetap memberi ASI, ini cara agar bayi tak tertular

Konsumsi Makanan Bergizi

Setelah terinfeksi Covid-19, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan bergizi. Misalnya, makanan yang mengandung protein tinggi. Selain itu, memilih makanan yang mudah dicerna dan mengandung banyak serat juga perlu Anda lakukan.

Kurangi Kegiatan yang Tidak Perlu

Melansir Only My Health, ibu hamil yang berada di masa pemulihan Covid-19 perlu mengurangi kegiatan yang tidak perlu. Hindari melakukan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan banyak energi. Dengan begitu, badan yang masih lemah bisa segera sembuh.

Baca Juga: Waspada! Ini gejala dan cara penularan virus corona varian Delta

Minum Susu

Dalam masa pemulihan pasca terinfeksi Covid-19, cobalah untuk minum susu. Anda bisa mencampur susu hangat dengan kunyit. Tujuannya supaya sistem imun tubuh meningkat. Namun, pastikan untuk mengkonsultasikannya dulu dengan dokter, ya. Apalagi jika Anda memiliki alergi tertentu.

Banyak Istirahat

Banyak istirahat termasuk salah satu hal yang perlu dilakukan ibu hamil setelah terinfeksi Covid-19.

Kegiatan lain yang tidak boleh dilupakan adalah perbanyak waktu istirahat. Usahakan untuk mencukupi waktu tidur di malam hari supaya masa pemulihan bisa berjalan maksimal. Biasanya, Anda membutuhkan waktu tidur selama delapan jam. Namun, jumlah itu bisa berbeda tergantung kondisi Anda.

Selanjutnya: 7 Tips Sebelum Vaksin Covid-19 untuk Ibu Menyusui

Editor: Belladina Biananda
Terbaru