4 Rekomendasi vitamin rambut yang berasal dari bahan alami

Rabu, 26 Mei 2021 | 18:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi vitamin rambut yang berasal dari bahan alami

KONTAN.CO.ID - Ada banyak masalah rambut yang bisa Anda alami. Mulai dari rambut rontok, rambut kering, rambut bercabang, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal itu, salah satunya dengan menggunakan vitamin rambut.

Alih-alih menggunakan produk yang dijual di pasaran, ada baiknya bagi Anda untuk mendapat vitamin dari bahan-bahan alami. Selain baik untuk rambut, bahan alami juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa jenis bahan alami ini hanya digunakan untuk mengatasi masalah rambut ringan. Jika masalah pada rambut Anda cukup parah, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Vitamin D

Vitamin rambut pertama yang perlu Anda gunakan adalah vitamin D. Web MD merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi minyak ikan karena jenis makanan itu memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi.

Anda juga bisa mendapat asupan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari. Jika memang diperlukan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin D tambahan. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen itu, ya.

Baca Juga: Inilah 4 penyebab ketombe yang tak banyak Anda sadari

Vitamin B7

Vitamin B7 atau biotin adalah jenis vitamin lainnya yang dibutuhkan rambut supaya tumbuh sehat dan kuat. Ada banyak masalah yang bisa Anda alami saat tubuh kekurangan vitamin B7. Misalnya, rambut rontok, kuku rapuh, dan muncul ruam di kulit.

Anda juga perlu memerhatikan beberapa kondisi yang mengakibatkan jumlah vitamin B7 dalam tubuh turun. Mulai dari hamil, mengonsumsi antibiotik, atau epilepsi karena penggunaan obat tertentu.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B7, Anda bisa mengonsumsi kuning telur, daging, atau jenis makanan yang lain.

Vitamin C

VItamin C adalah salah satu jenis vitamin rambut yang bisa Anda dapat dari jeruk.

Vitamin C juga termasuk vitamin rambut yang Anda butuhkan, lo. Jenis vitamin itu mampu memaksimalkan penyerapan zat besi yang berpengaruh baik pada kesehatan rambut Anda.

Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak vitamin C adalah lemon, jeruk, sayuran hijau, dan lain-lain.

Baca Juga: Bisa pakai bahan alami, ini 4 cara menebalkan rambut

Zat Besi

Seiring dengan poin sebelumnya, Web MD merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi supaya kesehatan kulit kepala dan rambut terjaga. Zat besi berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Dengan begitu, distribusi darah yang membawa oksigen menuju kulit kepala bisa lancar. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak zat besi adalah daging merah, sayuran hijau, atau kacang-kacangan seperti legume.

Selanjutnya: Cara mengatasi rambut rontok akibat infeksi Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru