Kecantikan & Kebugaran

4 Rekomendasi penumbuh rambut yang tak boleh Anda lewatkan

Kamis, 14 Januari 2021 | 12:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi penumbuh rambut yang tak boleh Anda lewatkan

ILUSTRASI. Bawang merah bisa Anda manfaatkan sebagai penumbuh rambut.

KONTAN.CO.ID - Rambut rontok atau kebotakan adalah salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan penumbuh rambut.

Maklum, rambut rontok atau kebotakan bisa mengganggu penampilan karena rambut terlihat lebih tipis dan tidak lebat. Umumnya, rambut rontok adalah salah satu ciri penuaan.

Namun, kondisi itu juga bisa terjadi akibat gaya hidup Anda yang kurang sehat. Cobalah untu mengonsumsi makanan bergizi dan menerapkan pola hidup sehat supaya kebotakan bisa Anda hindari.

Selain itu, alih-alih menumbuhkan rambut dengan bahan kimia, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Dengan begitu, rambut rontok bisa teratasi dengan lebih baik.

Baca Juga: 3 Cara meluruskan rambut secara alami, mudah dicoba

Bahan alami juga memberikan efek samping yang lebih sedikit sehingga aman untuk digunakan. Berikut bahan alami penumbuh rambut:

Bawang merah

Salah satu bahan alami yang efektif menumbuhkan rambut adalah bawang merah. Melansir dari NDTV Food, kandungan sulfur dalam bahan alami tersebut mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga pertumbuhan rambut menjadi lebih baik.

Caranya, potong bawang merah menjadi beberapa bagian lalu peras untuk mendapat sarinya. Gunakan ekstrak bawang merah tersebut pada rambut selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air untuk menghilangkan baunya.

Santan

Tahukah Anda, santan juga bisa digunakan sebagai penumbuh rambut? Santan mengandung zat besi, kalium, dan lemak esensial yang berguna untuk pertumbuhan rambut.

Anda perlu mencampur santan dengan air perasan ½ lemon dan empat tetes minyak lavender. Gunakan campuran itu pada kulit kepala dan rambut lalu biarkan selama empat hingga lima jam.

Setelah itu, bilas dengan air. Pastikan untuk memakai santan segar, bukan santan dalam kemasa, supaya hasil yang Anda dapat bisa maksimal.

Baca Juga: 3 Cara menghitamkan rambut, bisa pakai bahan alami

Cuka apel

Selain beberapa bahan alami di atas, NDTV Food juga merekomendasikan cuka apel untuk menumbuhkan rambut Anda. Bahan alami tersebut mampu menstimulus pertumbuhan rambut dengan membersihkan kulit kepala dan menyeimbangkan pH kulit.

Pertama, campurkan 15 ml cuka apel ke segalas air hangat. Gunakan campuran itu setelah Anda mencuci rambut dengan sampo. Selain menstimulus pertumbuhan rambut, cuka apel juga mampu membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Teh Hijau

Salah satu manfaat teh hijau adalah bisa dimanfaatkan sebagai penumbuh rambut.

Teh hijau juga dapat Anda manfaatkan sebagai penumbuh rambut karena memiliki banyak antioksidan. Caranya, aplikasikan teh hijau hangat pada kulit kepala lalu diamkan selama satu jam. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Selanjutnya: Tidak hanya buat rambut berkilau, ini manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru