Kecantikan & Kebugaran

4 Rekomendasi pemutih ketiak dari bahan alami

Jumat, 15 Januari 2021 | 12:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Rekomendasi pemutih ketiak dari bahan alami

ILUSTRASI. Kentang bisa Anda manfaatkan sebagai pemutih ketiak.

KONTAN.CO.ID - Ketiak yang berwarna hitam atau gelap sering kali membuat Anda merasa tidak percaya diri. Untuk mengatasi masalah itu, cobalah untuk memakai pemutih ketiak yang terbuat dari bahan alami.

Salah satu bahan yang mudah Anda temukan adalah lemon. Mengutip dari The Urban Guide, zat asam yang terkandung dalam lemon mampu mengangkat sel kulit mati yang membuat ketiak hitam.

Caranya, campur air lemon dengan gula kemudian gosokkan campuran itu pada ketiak selama dua menit. Setelah Anda diamkan selama lima menit, bilas dengan air dingin.

Selain lemon, masih banyak bahan alami lain yang bisa Anda gunakan.

Kentang

Kentang juga bisa Anda manfaatkan sebagai pemutih ketiak, lo. Jenis umbi ini memiliki kandungan asam yang lebih sedikit daripada lemon. Jadi, lebih aman digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama-tama, kupas kulit kentang dan iris menjadi beberapa bagian.

Gosokkan irisan kentang itu pada ketiak lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukan cara tersebut dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Benjolan di ketiak bisa diatasi dengan cara ini

Timun

Bahan alami lain, menurut The Urban Guide, adalah timun. Efek dingin yang diberikan timun mampu mengatasi kulit ketiak yang terganggu saat Anda berkeringat atau melakukan kegiatan sehari-hari.

Selain itu, timun juga mengandung pencerah alami.

Sama seperti kentang, Anda perlu mengiris timun menjadi beberapa bagian. Setelah itu, gosokkan irisan timun pada ketiak kemudian diamkan selama 10 menit.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

Kulit jeruk

Kulit jeruk bisa Anda gunakan sebagai pemutih ketiak.

Pilihan bahan alami lain untuk mencerahkan warna ketiak adalah kulit jeruk. Anda perlu mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu kemudian giling hingga menjadi bubuk.

Campurkan bubuk kulit jeruk dengan air mawar atau susu kemudian gosokkan pada ketiak. Setelah 15 menit, bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Penyebab keringat dingin ini perlu Anda perhatikan

Cuka apel

Jika Anda mencari pemutih ketiak dari bahan alami, cuka apel tidak boleh terlewat untuk Anda coba. Tak hanya mengangkat sel kulit mati, cuka apel juga berguna untuk mencegah infeksi bakteri dan membunuh kuman yang bisa memperparah warna ketiak.

Pertama-tama, Anda perlu mencampur cuka apel dengan tepung beras. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, gosokkan campuran itu pada ketiak lalu diamkan selama 15 menit.

Anda bisa melakukannya sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

Selanjutnya: Ini cara alami menghilangkan bulu ketiak, bisa dicoba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru