4 Pilihan obat sakit kepala terbaik dari bahan-bahan alami

Selasa, 23 Februari 2021 | 15:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Pilihan obat sakit kepala terbaik dari bahan-bahan alami

ILUSTRASI. Cuka apel termasuk salah satu obat sakit kepala yang bisa Anda coba.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit kepala bisa dialami oleh siapa saja. Apalagi bagi Anda yang sedang mengalami stres atau kurang tidur selama beberapa hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan obat sakit kepala yang bisa Anda coba.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat yang dijual di apotek. Sayangnya, jenis obat tersebut tidak disarankan untuk diminum terlalu sering karena bisa menimbulkan efek samping. Alternatifnya adalah dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda.

Selain memanfaatkan bahan alami, Anda pun perlu mengatur pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Misalnya, mencukupi waktu tidur, mengelola stres dengan baik, menghindari konsumsi alkohol dan kafein berlebih, serta cara yang lain. Dengan begitu, bahan alami bisa bekerja secara optimal mengatasi sakit kepala.

Jahe

NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa jahe mampu meredakan inflamasi pembuluh darah di otak sehingga sakit kepala bisa berkurang. Selain itu, kandungan dalam jahe pun mampu mengurangi rasa mual yang muncul akibat sakit kepala.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur ekstrak jahe dan air lemon dengan perbandingan yang sama. Minum campuran itu sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari supaya sakit kepala bisa cepat hilang.

Baca Juga: Gejala dan penyebab vertigo yang bisa Anda alami, waspada

Kayu Manis

Bahan alami selanjutnya yang cocok jadi obat sakit kepala adalah kayu manis. Caranya, campur bubuk kayu manis dan sedikit air hingga berbentuk pasta. Setelah itu, aplikasikan campuran tersebut pada pelipis kemudian istirahat selama 30 menit. Selanjutnya, bilas sisa kayu manis dengan air hangat.

Cengkih

Cengkih bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit kepala.

NDTV Food merekomendasikan cengkih sebagai obat sakit kepala selanjutnya yang perlu Anda coba. Jenis rempah itu mampu mengurangi rasa sakit dan memiliki efek mendinginkan sehingga sakit kepala bisa berkurang.

Anda perlu menghaluskan beberapa cengkih kemudian letakkan dalam kantung kain. Hirup aroma cengkih yang keluar sampai sakit kepala benar-benar hilang. Selain itu, Anda pun dapat mencampur 2 sdm minyak cengkih dengan 1 sdm minyak kelapa dan sedikit garam. Kemudian gosokkan ke pelipis Anda.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat mata merah, efektif dan mudah didapat

Cuka Apel

Cuka apel jadi bahan selanjutnya yang cocok dimanfaatkan sebagai obat sakit kepala. Bahan alami tersebut mampu membantu tubuh untuk menyeimbangkan jumlah asam dan basa sehingga sakit kepala bisa cepat hilang.

Caranya, rebus ½ gelas cuka apel dan ½ gelas air. Setelah didiamkan beberapa saat, hirup aroma yang keluar dari rebusan itu sampai sakit kepala hilang. Jangan lupa untuk menutup kepala dengan handuk agar efeknya lebih terasa.

Selanjutnya: Nyeri gigi datang? Campuran sereh dan daun sirih efektif mengobati sakit gigi

Editor: Belladina Biananda


Terbaru