4 penyebab tekanan darah rendah ini bisa Anda alami, lo

Jumat, 21 Mei 2021 | 09:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 penyebab tekanan darah rendah ini bisa Anda alami, lo

ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab tekanan darah yang sebaiknya tidak Anda abaikan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penurunan tekanan darah memang suatu hal yang wajar. Namun, hal itu bisa jadi masalah jika tekanan darah terus berada di bawah angka 90/60 mmHg. Penyebab tekanan darah darah perlu Anda perhatikan supaya Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Mengutip dari Very Well Health (verywellhealth.com), postural hypotension adalah salah satu penyebab utama mengapa tekanan darah turun. Beberapa hal yang tergolong dalam postural hypotension adalah perubahan posisi tubuh dan tiba-tiba berdiri setelah duduk.

Saat tekanan darah turun, biasanya Anda akan mengalami pusing, pandangan mengabur, hinga pingsan. Selain postural hypotension, tentu masih banyak faktor lain yang dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Genetik

Gen yang diturunkan dalam tubuh Anda dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi lebih rendah daripada umumnya. Namun, kondisi itu merupakan suatu hal yang baik. Menurut sebuah penelitian, manusia dengan gen yang berpengaruh pada tekanan darah rendah memiliki risiko penyakit jantung yang rendah pula.

Baca Juga: Bisa Anda konsumsi, ini 4 obat tekanan darah rendah

Syok

Tubuh yang syok berpengaruh pada tekanan darah sehingga membuatnya lebih rendah. Beberapa jenis syok yang bisa dialami tubuh adalah tubuh kekurangan cairan akibat diare atau penggunaan diuretik yang berlebihan, serangan jantung, banyak kehilangan darah, dan lain sebagainya.

Keracunan atau liver yang tak berfungsi secara optimal juga bisa menurunkan tekanan darah Anda. Jika Anda mengalami hal itu dan mengalami gejala lain yang lebih parah, segera hubungi tenaga kesehatan. Dengan begitu, Anda bisa segera mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Gangguan Pada Sistem Saraf

Very Well Health mengatakan bahwa gangguan pada sistem saraf termasuk salah satu penyebab tekanan darah rendah. Apalagi saat Anda berdiri terlalu lama. Stres pun termasuk faktor yang dapat memperparah kondisi itu.

Masalah tersebut terjadi akibat adanya gangguan komunikasi antara otak dan jantung. Sinyal yang diterima jantung mengatakan bahwa tekanan darah dalam tubuh terlalu tinggi, makanya jantung berusaha mengatur tekanan darah yang justru mengakibatkan tekanan darah semakin rendah.

Baca Juga: 9 Makanan ini harus diwaspadai oleh penderita darah tinggi

Pola Hidup

Dehidrasi termasuk salah satu faktor penyebab tekanan darah rendah.

Penyebab tekanan darah rendah berikutnya adalah pola hidup yang Anda jalani. Tubuh yang kekurangan nutrisi tertentu, perubahan jumlah gula darah, kebiasaan makan, dan tubuh yang dehidrasi jadi beberapa faktor yang berpengaruh pada tekanan darah Anda.

Selanjutnya: Khasiat taoge untuk kesehatan, cegah kanker hingga baik untuk jantung

Editor: Belladina Biananda
Terbaru