4 Penyebab rambut rontok ini tak banyak disadari, apa saja?

Selasa, 13 April 2021 | 12:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab rambut rontok ini tak banyak disadari, apa saja?

ILUSTRASI. Anda bisa tidak menyadari beberapa hal yang jadi penyebab rambut rontok.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut rontok adalah hal yang biasa terjadi. Namun, saat jumlah rambut rontok terlalu banyak, hal itu bisa menyebabkan kebotakan. Anda perlu mengetahui penyebab rambut rontok yang Anda alami supaya Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), rambut rontok bisa terjadi selama masa kehamilan. Kondisi itu terjadi karena berkurangnya hormon estrogen dalam tubuh. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kondisi itu karena seiring berjalannya waktu, rambut rontok bisa berkurang.

Selain hamil, tentu saja masih ada faktor lain yang bisa membuat rambut rontok berlebih. Sayangnya, ada beberapa faktor yang tidak disadari oleh banyak orang. Mulai dari penyakit kurap, pengobatan tertentu, tubuh yang kekurangan nutrisi, dan lain sebagainya.

Penyakit Kurap

Penyakit kurap adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Penyakit tersebut dapat timbul di bagian kulit mana pun, tak terkecuali kulit kepala. Hal itulah yang membuat rambut Anda rontok saat menderita penyakit kurap.

Biasanya, ada gejala lain yang juga Anda alami. Mulai dari munculnya titik putih kecil dan bersisik, kulit kemerahan dan terasa gatal, rambut menjadi rapuh dan mudah patah, serta gejala yang lain. Anda bisa mengatasi penyakit itu dengan obat antijamur. Jika perlu, dokter akan memberikan antibiotik.

Baca Juga: 4 Cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami

Tubuh Kekurangan Nutrisi

Medical News Today mengatakan bahwa tubuh yang kekurangan protein, zat besi, dan beberapa jenis vitamin dapat mengalami kerontokan rambut. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan bergizi secara rutin. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat perawatan gizi seimbang.

Jenis Obat Tertentu

Beberapa jenis obat bisa jadi penyebab rambut rontok yang Anda alami. Misalnya, obat pengencer darah, antidepresan, atau obat penurun kolesterol. Jika Anda merasa rambut rontok disebabkan obat yang sedang Anda konsumsi, cobalah untuk mengonsultasikan hal itu dengan dokter.

Baca Juga: 5 Penyebab ketombe yang perlu Anda ketahui

Perawatan Diri yang Tidak Sesuai

Perawatan diri yang tidak sesuai bisa jadi salah satu penyebab rambut rontok.

Tahukah Anda bahwa perawatan diri yang tidak sesuai dapat menyebabkan rambut Anda rontok? Cobalah untuk memakai sampo dan kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Selain itu, hindari menggunakan alat penata rambut yang terlalu panas. Jangan lupa pula untuk mengelola stres dengan baik, ya.

Selanjutnya: Cari cara agar rambut tidak mengembang? Pakai 6 bahan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru