Kecantikan & Kebugaran

4 Penyebab mata panda yang sebaiknya tak Anda abaikan

Jumat, 18 Juni 2021 | 14:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab mata panda yang sebaiknya tak Anda abaikan

ILUSTRASI. Dengan mengetahui penyebab mata panda, bentuk perawatan seperti apa yang Anda butuhkan bisa lebih tepat. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang memiliki lingkar hitam di bawah mata atau biasa disebut dengan mata panda. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Penyebab mata panda perlu Anda perhatikan agar kesehatan kulit Anda terjaga.

Kulit di bawah mata lebih tipis daripada kulit di bagian tubuh yang lain. Hal itulah yang membuat pembuluh darah lebih terlihat sehingga warna kulit menjadi lebih gelap. Tak hanya itu, mata panda juga bisa terjadi akibat kantung mata yang membesar.

Beberapa faktor dapat memperparah kemunculan mata panda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak produk dan perawatan kulit yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan mengatasi penyebabnya.

Tanda Penuaan

Mengutip dari Insider (insider.com), pertambahan usia menyebabkan kulit di bawah mata semakin tipis. Akibatnya, mata menjadi lebih mudah bengkak. Terapi laser dan filler bisa jadi salah satu cara mengatasi masalah itu. Namun, pastikan untuk selalu berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan mata panda dengan bahan alami

Tubuh Kekurangan Zat Besi

Penyebab mata panda selanjutnya adalah tubuh yang kekurangan zat besi. Jumlah zat besi yang terlalu sedikit mengakibatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang juga sedikit. Akibatnya, distribusi oksigen terganggu sehingga kulit di bawah mata menggelap.

Selain munculnya mata panda, tubuh yang kekurangan zat besi juga bisa ditandai dengan gejala yang lain. Misalnya, pusing, mudah lelah, dan kulit terlihat pucat. Ada banyak makanan kaya zat besi yang bisa Anda konsumsi, seperti bayam atau seafood.

Baca Juga: 4 Cara mengobati mata bengkak dengan bahan-bahan alami

Kurang Tidur

Kurang tidur jadi penyebab mata panda yang sering dialami oleh banyak orang. Maka dari itu, Anda perlu memenuhi waktu tidur tiap malam. Usahakan untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam. Jika Anda mengalami insomnia, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter agar insomnia bisa teratasi.

Merokok dan Konsumsi Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol termasuk salah satu penyebab mata panda.

Melansir Insider, merokok dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol membuat tubuh dehidrasi. Akibatnya, mata panda pun semakin mudah terlihat. Tak hanya itu, asap rokok juga mampu memecah kolagen di kulit sehingga tanda-tanda penuaan yang lain lebih mudah muncul di kulit Anda.

Selanjutnya: Efektif dan mudah Anda coba, ini 6 cara menghilangkan kantung mata

Editor: Belladina Biananda
Terbaru