Tips Sehat

4 Penyebab ketombe beserta cara mengatasinya

Selasa, 19 Januari 2021 | 12:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab ketombe beserta cara mengatasinya

ILUSTRASI. Ada beberapa faktor penyebab ketombe yang perlu Anda atasi.


KONTAN.CO.ID - Ketombe merupakan salah satu hal mengganggu dan sering kali membuat Anda malu. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah mengatasi penyebab ketombe.

Sebab, jika terus dibiarkan, ketombe bisa membuat kondisi kulit kepala dan rambut Anda menjadi semakin parah. 

Salah satu penyebab utama munculnya ketombe adalah kulit kepala yang kering. Mengutip dari Henry Ford Health System, kondisi kering tak hanya terjadi di kulit kepala, tapi juga bisa di bagian kulit lainnya.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyebab itu adalah menggunakan produk perawatan rambut yang dilengkapi dengan pelembab. Saat kelembaban kulit kepala terjaga, ketombe menjadi lebih mudah hilang.

Selain kulit kering, masih ada beberapa penyebab ketombe lainnya yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: Tips menghilangkan ketombe dengan bahan alami, bisa pakai cuka apel, lemon dll

Kurang memakai sampo

Memakai sampo dalam jumlah yang terlalu sedikit juga bisa jadi penyebab ketombe, lo. Hal tersebut menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala sehingga ketombe pun muncul.

Kondisi itu juga bisa terjadi saat Anda memakai sampo yang tak cukup kuat memecah pertahanan minyak di rambut. Hal itu menunjukan, memilih sampo yang sesuai penting untuk Anda lakukan.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat sampo apa yang tepat untuk dipakai. Selain itu, tingkatkan frekuensi penggunaan sampo sehingga minyak di rambut dan kulit kepala berkurang.

Alergi

Menurut Henry Ford Health System, ketombe juga bisa jadi respons tubuh terhadap alergi. Beberapa gejala alergi adalah kulit kepala menjadi lebih kering dan terasa gatal.

Jika Anda mengalami kondisi tersebut, segera hentikan produk yang bisa jadi penyebab alergi Anda.

Baca Juga: Tak boleh sembarangan, rambut pendek wanita perlu dirawat dengan cara ini

Dermatitis seboroik

Penyebab ketombe lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi kesehatan Anda sendiri, salah satunya adalah dermatitis seboroik. Tak hanya di kepala, kondisi tersebut juga bisa mengganggu kelenjar keringat di bagian tubuh yang lain.

Umumnya, dermatitis seboroik ditandai dengan warna kulit kepala yang berwarna merah atau gejala lain yang mirip dengan psoriasis, eksim, dan reaksi alergi.

Untuk mengatasinya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan merekomendasikan sampo atau obat tertetnu yang sesuai dengan kondisi Anda.

Jamur

Ketombe juga bisa Anda alami karena infeksi jamur. Sama seperti dermatitis seboroik, jamur penyebab ketombe perlu mendapat penanganan dokter.

Supaya kondisi kesehatan Anda tak memburuk, Anda perlu menggunakan sampo dan obat yang diresepkan dokter.

Selanjutnya: 5 Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut dan kulit kepala

Editor: Belladina Biananda
Terbaru