Kesehatan Umum

4 Penyebab kaki pecah-pecah ini perlu Anda hindari

Selasa, 12 Januari 2021 | 11:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab kaki pecah-pecah ini perlu Anda hindari

ILUSTRASI. Penyebab kaki pecah-pecah perlu Anda ketahui untuk menjaga kesehatan tubuh Anda./Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo/04/06/2012.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kaki pecah-pecah merupakan salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang. Meski tak mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan, hal itu bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Ada banyak cara untuk mengatasi hal itu, salah satunya dengan mengetahui penyebab kaki pecah-pecah.

Kulit manusia terdiri dari banyak lapisan. Di bagian kaki, Feet at The Clinic (feetattheclinic.co.uk) mengatakan bahwa terdapat tiga lapisan utama dan sub lapisan yang menyertainya. Stratum korneum, salah satu sub lapisan dari lapisan terluat kulit yang menjaga lapisan kulit selanjutnya dari benda asing.

Saat stratum korneum, lapisan terluar kulit menjadi pecah-pecah. Dalam beberapa kasus, rasa perih dan sakit akan muncul sehingga Anda bisa kesulitan untuk berjalan. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, lapisan kulit yang lain dapat mengalami gangguan.

Artinya, kulit Anda menjadi lebih mudah berdarah dan rentan mengalami infeksi. Beberapa orang memiliki risiko mengalami hal tersebut lebih tinggi, misalnya penderita diabetes atau orang dengan berat badan berlebih. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menghindari penyebab kulit kaki pecah.

Baca Juga: 5 Tanda kolesterol tinggi, gemuk bukan berarti banyak kolesterol

Kulit Kering

Salah satu penyebab kaki pecah-pecah yang paling banyak dialami adalah kondisi kulit kering atau tidak lembab. Hal itu dikarenakan jumlah kelenjar keringat yang terlalu sedikit. Hasilnya, kulit menjadi tak elastis dan kasar sehingga lebih mudah untuk pecah.

Kekurangan Nutrisi

Kurang nutrisi bisa jadi salah satu penyebab kaki pecah-pecah.

Feet at The Clinic menyebutkan bahwa tubuh dengan vitamin dan mineral yang kurang bisa jadi salah satu faktor mengapa kulit menjadi pecah-pecah. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi, apalagi yang mengandung vitamin C, vitamin D, zinc, vitamin E, dan lain sebagainya.

Tanda Penuaan

Tidak hanya muncul di kulit wajah, tanda penuaan juga bisa Anda dapati di bagian kulit kaki Anda. Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit akan menurun sehingga kaki Anda menjadi lebih mudah kering, kasar, dan pecah-pecah.

Baca Juga: Awas! tekanan darah tinggi bisa memicu masalah kesehatan organ tubuh

Kelebihan Berat Badan

Seperti yang telah disebutkan, kelebihan berat badan jadi salah satu penyebab kaki pecah-pecah yang perlu Anda waspadai. Obesitas menyebabkan tekanan pada kaki penderitanya meningkat. Hal itulah yang membuat kulit kaki menjadi lebih rentan mengalami kerusakan.

Selain menyebabkan kulit kaki menjadi rusak, obesitas juga tidak baik untuk kesehatan organ tubuh yang lain. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, usahakan untuk menerapkan pola hidup sehat supaya berat badan lebih terkontrol. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat program diet yang tepat.

Selanjutnya: 5 Cara agar tetap segar meski kurang tidur, pas untuk mahasiswa yang sering begadang

Editor: Belladina Biananda


Terbaru