kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Pantangan asam urat ini perlu Anda jauhi, apa saja?


Rabu, 12 Mei 2021 / 04:30 WIB
4 Pantangan asam urat ini perlu Anda jauhi, apa saja?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah asam urat yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan rasa nyeri, terlebih di bagian sendi. Supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga, ada beberapa pantangan asam urat yang sebaiknya Anda hindari.

Pantangan yang dimaksud adalah beberapa jenis makanan yang mengandung banyak purin. Sebenarnya, purin sudah ada dalam tubuh Anda. Nah, jumlahnya akan semakin bertambah saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung purin.

Jika hal itu terus terjadi, jumlah purin dalam tubuh akan terus meningkat sehingga kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan bisa terganggu. Beberapa jenis pantangan makanan asam urat adalah daging merah, gula, dan lain sebagainya.

Daging Merah

Very Well Health (verywellhealth.com) mengatakan bahwa daging merah dan organ hewan mengandung banyak purin. Maka dari itu, cobalah untuk membatasi konsumsi jenis makanan itu supaya jumlah asam urat tetap terkontrol.

Ayam memang memiliki jumlah purin yang lebih sedikit daripada daging merah, tapi Anda tetap haru smembatasi konsumsinya. Alih-alih mengonsumsi beberapa jenis makanan itu, Anda masih bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan protein dengan mengonsumsi telur, tahu, atau selai kacang.

Baca Juga: Ini cara meredakan nyeri asam urat dengan cepat

Bir

Wine termasuk pantangan asam urat yang sebaiknya Anda hindari.

Apakah Anda suka mengonsumsi bir? Jenis minuman itu ternyata masuk dalam daftar pantangan asam urat, lo. Selain bir, Anda juga perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol yang lain. Jika Anda terpaksa mengonsumsi minuman beralkohol, jangan lupa untuk membatasi jumlah yang Anda konsumsi.

Gula

Pantangan asam urat selanjutnya adalah makanan dan minuman yang mengandung terlalu banyak gula. Very Well Health mengatakan bahwa Anda tidak seharusnya menghindari seluruh jenis buah. Namun, usahakan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan agar tak ada efek samping muncul.

Baca Juga: Catat, ini cara cepat untuk menghilangkan nyeri akibat asam urat

Seafood

Beberapa jenis seafood mengandung banya purin sehingga termasuk makanan pantangan asam urat yang sebaiknya tidak Anda konsumsi. Sama seperti buah, Anda tidak perlu menghindari semua jenis seafood.

Anda masih bisa mengonsumsi tuna, salmon, atau lobster dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Jenis seafood ini mengandung banyak nutrisi yang dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Jika Anda merasa ragu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi seafood yang Anda mau.

Selanjutnya: Asam urat kumat lagi? Ini cara meredakan nyeri asam urat dengan cepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×