4 Obat diabetes alami ini bisa Anda konsumsi, apa saja?

Jumat, 05 Maret 2021 | 15:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Obat diabetes alami ini bisa Anda konsumsi, apa saja?

ILUSTRASI. Lidah buaya adalah salah satu obat diabetes herbal yang bisa Anda konsumsi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diabetes adalah salah satu jenis penyakit di mana jumlah gula darah dalam tubuh terlalu tinggi dari batas normal. Sebagai pelengkap obat yang diresepkan dokter, Anda bisa menggunakan obat diabetes alami. Meski demikian, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya.

Ada beberapa faktor yang termasuk dalam penyebab diabetes. Mulai dari frekuensi aktivitas fisik rendah, stres, genetik, kurang tidur, atau terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tertentu. Supaya kondisi Anda tidak semakin parah, cobalah untuk mengikuti resep obat yang disarankan dokter.

Perlu diingat bahwa bahan-bahan alami hanya sebagai pelengkap pengobatan, bukan obat utama. Seperti yang telah dikatakan, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Jika bahan alami Anda konsumsi dengan takaran yang tidak sesuai, Anda akan mengalami efek samping.

Mengutip dari Stamford Health (stamfordhealth.org), Anda justru bisa mengalami hipoglikemik. Hipoglikemik adalah jumlah gula darah yang terlalu sedikit. Sesuai dengan saran dokter, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Tak banyak yang tahu, inilah 5 manfaat buah naga untuk kesehatan

Lidah Buaya

Penyakit diabetes bisa diatasi dengan lidah buaya, lo. Namun, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi lidah buaya karena bahan tersebut memiliki efek laksatif alami. Jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah besar, dikhawatirkan Anda akan mengalami diare atau gangguan pencernaan yang lain.

Kayu Manis

Kayu manis bisa Anda manfaatkan sebagai obat diabetes alami.

Apakah Anda suka mengonsumsi kayu manis? Jenis rempah yang berguna untuk menaikkan cita rasa makanan ini ternyata bisa menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh, lo. Tidak hanya itu, kayu manis juga berguna untuk menurunkan kolesterol jahat.

Fenugreek

Fenugreek atau kelabat adalah tanaman herbal selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes alami. Sama seperti kayu manis, fenugreek juga berguna untuk menurunkan kolesterol. Salah satu efek samping yang Anda alami setelah mengonsumsi fenugreek adalah bau air kencing menjadi berbeda.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena efek samping itu merupakan hal biasa dan tidak berbahaya. Namun, pastikan untuk tetap mengikuti saran dokter, ya. Jika mengalami efek samping lain yang mengganggu kesehatan tubuh, segera hentikan konsumsi bahan alami itu.

Baca Juga: 3 Jus buah yang efektif menurunkan darah tinggi sekaligus mengobati diabetes melitus

Zinc

Salah satu jenis minerl yang bisa digunakan sebagai obat diabetes alami alami adalah zinc. Melansir Stamford Health, suplemen zinc dapat menurunkan gula darah dan mengatasi komplikasi yang berhubungan dengan diabetes.

Namun, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi obat diabetes herbal itu. Alasannya karena zinc dapat mengganggu proses penyerapan tubuh terhadap mineral yang lain. Jadi, usahakan untuk selalu mengikuti saran dokter, ya.

Selanjutnya: 8 Penyebab gula darah naik yang harus Anda ketahui

Editor: Belladina Biananda
Terbaru