4 Moisturizer untuk Kulit Berjerawat dari Bahan Alami

Senin, 03 Januari 2022 | 08:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Moisturizer untuk Kulit Berjerawat dari Bahan Alami

ILUSTRASI. Beberapa bahan alami bisa Anda gunakan sebagai moisturizer untuk kulit berjerawat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda memiliki tipe kulit berjerawat? Jika iya, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda coba sebagai moisturizer untuk kulit berjerawat. Dengan memakainya secara teratur, diharap kemunculan jerawat bisa berkurang.

Sebenarnya, ada banyak pilihan pelembab di pasaran yang bisa Anda pakai. Namun, karena terbuat dari bahan kimia, pelembab itu berisiko membuat kondisi kulit semakin parah. Untuk menghindarinya, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami.

Kandungan dalam bahan alami berguna untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat dan membasmi bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, nutrisi di dalamnya pun berguna untuk mengatasi kemerahan atau jerawat yang sedang meradang.

Sunflower Oil

Kulit yang mudah berjerawat biasanya memiliki jumlah asam linoleat yang rendah. Nah, hal itu bisa Anda atasi dengan sunflower oil. Selain menyeimbangkan jumlah asam linoleat, rutin memakai sunflower oil juga bisa melembabkan dan melawan bakteri penyebab jerawat dengan lebih baik.

Baca Juga: 6 Langkah Sederhana Mengatasi Skin Barrier yang Rusak

Minyak Kelapa, Lidah Buaya, dan Minyak Almond

Mengutip dari Bebeautiful.in, minyak kelapa, lidah buaya, dan minyak almond efektif mengatasi masalah jerawat yang Anda alami. Antioksidan, vitamin E, vitamin C, dan asam lemak dari bahan alami tersebut bisa masuk ke kulit sehingga melembabkan kulit secara maksimal.

Caranya, campurkan 4 sdm gel lidah buaya dengan 2 sdm minyak kelapa dan 2 sdm minyak almond. Setelah teraduk rata, gunakan pada kulit yang berjerawat. Untuk mendapat hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut dua kali dalam sehari.

Susu, Lemon, dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun, lemon, susu, dan bahan-bahan yang lain cocok dijadikan moisturizer untuk kulit berminyak.

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Bebeautiful.In adalah susu, lemon, dan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung antimikroba yang berfungsi untuk mencegah infeksi bakteri penyebab jerawat.

Sedangkan lemon bertugas untuk mengurangi produksi minyak di kulit dan asam laktat dari susu bermanfaat untuk menenangkan jerawat yang meradang. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Campur semua bahan lalu aplikasikan pada kulit berjerawat menggunakan kapas.

Baca Juga: Wajib Coba, Ini 7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Pisang, Madu, Susu

Moisturizer untuk kulit berjerawat juga bisa terbuat dari pisang, madu, dan susu. Pisang mengandung vitamin C, kalsium, kalium, dan serat yang bagus untuk kelembaban kulit. Manfaat tersebut semakin maksimal saat dikombinasikan dengan madu dan susu.

Anda perlu menumbuk sebuah pisang hingga halus terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan 1 sdt madu dan 2 sdm susu lalu aplikasikan pada wajah. Setelah didiamkan selama 30 menit, pijat sebentar, kemudian bilas menggunakan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru