4 Masker rambut terbaik dari bahan alami, mau coba?

Senin, 24 Mei 2021 | 09:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Masker rambut terbaik dari bahan alami, mau coba?

ILUSTRASI. Kayu manis dan bahan-bahan alami yang lain dapat Anda manfaatkan sebagai masker rambut.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak masalah rambut yang Anda alami. Mulai dari rambut rontok, rambut bercabang, rambut kering, dan lain-lain. Untuk mengatasi hal tersebut, tentu saja Anda perlu menggunakan masker rambut secara rutin.

Ada banyak pilihan masker yang bisa Anda coba, misalnya masker yang dijual di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, lo. Selain mengatasi masalah rambut Anda, nutrisi dalam bahan alami yang Anda gunakan bisa menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.

Dengan pemakaian rutin, rambut akan tumbuh lebih kuat, lebat, dan terlihat berkilau. Namun, usahakan untuk melakukan uji coba dulu, ya. Jika bahan-bahan alami berikut tidak memunculkan reaksi alergi, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Minyak Kelapa dan Kayu Manis

Mengutip dari Oprah Daily (oprahdaily.com), kombinasi minyak kelapa dan kayu manis efektif mengatasi rambut rusak. Bahan-bahan alami tersebut mampu menstimulasi aliran darah di kulit kepala sehingga rambut tumbuh kuat.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur 1 sdt minyak kelapa dengan 1 sdt kayu manis. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada kulit kepala dan seluruh area rambut. Diamkan dulu minimal 30 menit kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Bahan ini efektif jadi cara meluruskan rambut secara alami

Madu dan Alpukat

Jika Anda ingin membuat masker rambut sendiri, cobalah untuk mencampurkan madu dan alpukat. Bahan alami tersebut dipenuhi dengan nutrisi yang efektif mengatasi rambut bercabang. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda bisa menambahkan yogurt, brown sugar, pisang, dan cuka apel.

Pertama, campur bahan-bahan yang telah disebutkan. Masing-masing sebanyak 1 sdm, ya. Selanjutnya, aplikasikan masker tersebut pada kulit kepala dan rambut lalu tutup dengan shower cap. Biarkan selama minimal 20 menit kemudian bilas dengan sampo seperti biasa.

Cuka Apel

Oprah Daily mengatakan bahwa cuka apel mengandung banyak antimikroba. Kandungan itu dapat digunakan untuk mengatasi kulit kepala yang gatal dan berkerak. Caranya, campur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:10. Basahi rambut dengan air tersebut. Diamkan selama lima menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Cari cara menumbuhkan rambut dengan cepat? Coba 6 bahan ini

Minyak Zaitun dan Gula

Masker rambut berikutnya bisa Anda buat dengan mencampur minyak zaitun dan gula. Bahan alami tersebut mampu mengatasi ketombe dan rambut kering. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, campur 2 sdm gula dengan 5 sdm minyak zaitun. Pastikan untuk menggunakan masker tersebut sebelum gulanya benar-benar hilang, ya. Pijatkan masker minyak zaitun dan gula tersebut pada kulit kepala dan seluruh rambut kemudian bilas dengan sampo.

Selanjutnya: Cari cara mengatasi rambut rontok? Pakai 5 bahan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru