kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,45   5,85   0.59%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Masker Kunyit yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah


Jumat, 28 Januari 2022 / 11:54 WIB
4 Masker Kunyit yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah
ILUSTRASI. Masker kunyit bisa dikombinasikan dengan bahan alami yang lain.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit, misalnya kunyit. Anda tidak perlu bingung karena masker kunyit bisa Anda buat sendiri di rumah dengan cara yang mudah.

Kunyit cukup aman untuk digunakan sebagai perawatan. Kandungan dalam jenis rempah itu efektif mengatasi minyak berlebih, kondisi kulit yang kering, dan lain-lain. Meski demikian, Anda tetap perlu melakukan uji coba terlebih dahulu.

Oleskan kunyit pada satu titik kulit lalu diamkan beberapa saat. Jika tidak ada reaksi alergi yang keluar, Anda bisa melanjutkan pemakaian. Manfaat kunyit untuk mengatasi masalah kulit akan semakin terasa jika Anda mencampurnya dengan bahan alami yang lain.

Kunyit, Lidah Buaya, Lemon

Untuk pemilik tipe kulit berminyak, cobalah untuk memakai masker kunyit yang dicampur dengan lidah buaya dan lemon. Tidak hanya mengurangi produksi minyak, bahan-bahan alami itu mampu melawan infeksi bakteri penyebab jerawat dan masalah kulit yang lain.

Anda perlu mencampur 1 sdt bubuk kunyit, 1 sdt gel lidah buaya, dan ½ sdt lemon. Setelah teraduk rata, aplikasikan campuran itu pada kulit wajah lalu diamkan selama 30 menit. Cobalah untuk melakukannya sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: 4 Masker Alami untuk Wajah yang Mudah untuk Anda Buat

Kunyit, Lemon, dan Madu

Masker kunyit bisa dibuat dengan madu dan bahan yang lain.

Kunyit yang dicampur dengan lemon dan madu bisa mencerahkan warna kulit Anda. Alluring Soul (alluringsoul.com) mengatakan bahwa kandungan dalam kunyit dapat menghambat produksi melanin sehingga kulit akan terlihat lebih cerah.

Sedangkan lemon berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan madu bermanfaat untuk melembabkan kulit. Anda perlu mencampur 1 sdt bubuk kunyit, 1 sdt lemon, dan 1 sdt madu lalu aplikasikan pada wajah selama 30 menit. Selanjutnya, bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Masker Lidah Buaya yang Mudah Dicoba

Kunyit, Lidah Buaya, Minyak Vitamin E

Alluring Soul merekomendasikan masker kunyit yang dikombinasikan dengan lidah buaya dan minyak vitamin E. Bahan alami tersebut berguna untuk menyamarkan lingkar hitam di bawah mata. Dengan pemakaian rutin, mata panda bisa hilang lebih cepat.

Pertama, campur 1 sdt bubuk kunyit, 1 sdt gel lidah buaya, dan ¼ sdt minyak vitamin E. Aduk bahan-bahan itu secara merata lalu oleskan di bawah mata. Diamkan dulu selama 30 menit kemudian bersihkan dengan handuk basah.

Kunyit, Minyak Zaitun, dan Kuning Telur

Apabila Anda ingin mengencangkan kulit, cobalah untuk memakai masker yang terbuat dari kunyit dan kuning telur. Untuk memaksimalkan efeknya, campur 2 bahan alami itu dengan minyak zaitun. Oleskan masker di wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×