Kesehatan Umum

4 Manfaat donor darah yang berguna untuk kesehatan Anda

Selasa, 16 Februari 2021 | 10:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat donor darah yang berguna untuk kesehatan Anda

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat donor darah yang bisa Anda dapat. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/01/04/2015

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seperti yang kita tahu, donor darah adalah salah satu kegiatan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Namun, manfaat donor darah juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh pendonor, lo.

Saat donor darah, ada serangkaian pemeriksaan yang perlu Anda lalui. Pemeriksaan itu dilakukan untuk melihat bagaimana kualitas darah Anda. Jika jumlah zat besi yang ada dalam darah Anda terlalu sedikit, Anda tidak diperbolehkan untuk mendonorkan darah.

Selain melihat jumlah zat besi, denyut jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh juga akan diperiksa. Hal itu bisa Anda jadikan cara untuk mengetahui berbagai macam penyakit yang mungkin belum Anda sadari selama ini. Tidak hanya itu, ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari donor darah.

Mengurangi Jumlah Zat Besi

Zat besi memang memiliki fungsi penting dalam tubuh. Namun, saat jumlahnya terlalu banyak, ada gangguan kesehatan yang bisa Anda alami. Gangguan itu dinamakan hemokromatosis ata penyakit yang menyebabkan jumlah zat besi yang terlalu banyak.

Mengutip dari Rasmussen College (rasmussen.edu), mengeluarkan sel darah merah bisa menurunkan risiko hemokromatosis. Cara mengeluarkan sel darah merah tentu saja dengan mendonorkan darah secara rutin.

Baca Juga: Pahami donor darah plasma konvalesen, syarat dan alurnya untuk kesembuhan Covid-19

Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Salah satu manfaat donor darah adalah menurunkan risiko serangan jantung.

Manfaat donor darah selanjutnya adalah menurunkan risiko serangan jantung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology, donor darah minimal setahun sekali dapat menurunkan risiko serangan jantung sebanyak 88%.

Seperti yang telah dikatakan, donor darah dapat mengurangi jumlah zat besi dalam tubuh. Ketika jumlah zat besi berkurang, kemungkinan pembuluh darah menyempit pun dapat menurun. Hal itulah yang membuat risiko serangan jantung ikut berkurang.

Menjaga Kesehatan Liver

Jumlah zat besi yang terlalu banyak berpengaruh pada perlemakan hati non alkoholik. Salah satu manfaat donor darah adalah mengurangi jumlah zat besi dalam tubuh. Artinya, perlemakan hati non alkoholik bisa dicegah sehingga kesehatan liver tetap terjaga.

Baca Juga: Mempelajari struktur serta fungsi dari hati manusia

Menurunkan Risiko Pertumbuhan Sel Kanker

Melansir Rasmussen College, donor darah dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker. Hasil tersebut didapat setelah dilakukan penelitian yang melibatkan pasien penyakit arteri perifer. Penyakit arteri perifer adalah penyumbatan darah karena arteri yang mengalami penyempitan.

Hasilnya, pasien penyakit arteri perifer yang mendonorkan darahnya memiliki risiko pertumbuhan sel kanker yang lebih kecil daripada mereka yang tidak donor darah. Hal itu semakin menunjukkan bahwa donor darah adalah hal yang baik untuk dilakukan.

Selanjutnya: Donor plasma konvalesen membantu menyembuhkan penderita Covid-19

Editor: Belladina Biananda
Terbaru