4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Laki-Laki

Senin, 07 November 2022 | 14:27 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Laki-Laki

ILUSTRASI. Kelor memberikan banyak manfaat untuk kesehatan laki-laki.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daun kelor menyimpan banyak manfaat baik bila dikonsumsi secara rutin. Ini 4 manfaat daun kelor untuk kesehatan laki-laki. 

Daun kelor dikenal sebagai tanaman herbal yang kaya akan nutrisi. 

Baca Juga: Cara Konsumsi Bombai agar Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat

Daun kelor memberikan banyak manfaat bila dikonsumsi secara rutin dengan porsi terukur. 

Mengutip dari Healthline, daun kelor memberikan manfaat baik khususnya untuk laki-laki seperti: 

1. Meningkatkan kesehatan prostat 

Sebuah hasil penelitian tabung menunjukkan bahwa glukosinolat dari biji kelor bisa mengambat pertumbuhan sel kanker prostat pada manusia. 

Selain itu, dalam sebuah penelitian pada tikus menunjukkan ekstrak daun kelor secdara signifikan bisa mengurangi berat prostat. 

Ekstrak kelor juga efektif mengurangi kadar antigen spesifik prostat, protein yang diproduksi oleh kelenjar prostat. Tingkat antigen yang tinggi mungkin merupakan tanda kanker prostat. 

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa daun kelor bisa menurunkan kadar testosteron pada tikus. 

Pada manusia, kadar testosteron rendah bisa mengurangi gairah seks dan fungsi ereksi, menyebabkan hilangnya massa otot, dan menyebabkan depresi. 

Dibutuhkan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mengetahui efek daun kelor pada kesehatan prostat dan kadar testosteron. 

2. Membantu mengobati impotensi 

Impotensi alias disfungsi ereksi kerp terjadi saat ada masalah pada aliran darah, kadar lemak tinggi, dan diabetes. 

Daun kelor mengandung polifenol yang bisa meningkatkan aliran darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat dan menurunkan tekanan darah. 

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan ekstrak biji kelor efektif mengendurkan otot polos pada penis tikus yang sehat, memungkinkan lebih banyak aliran darah ke area tersebut. Ekstrak biji kelor juga bisa mengurangi impotensi pada tikus penderita diabetes. 

Namun, penelitian pada manusia harus dilakukan untuk mengetahui efektivitasnya. 

3. Meningkatkan kesuburan 

Daun dan biji kelor merupakan sumber antioksidan yang bisa membantu memerangi kerusakan oksidatif yang bisa menganggu produksi sperma atau merusak DNA sperma. 

Penelitian pada kelinci telah menunjukkan bahwa bubuk daun kelor secara signifikan meningkatkan volume air mani, jumlah, serta motilitas sperma. 

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa antiopksidan dalam esktrak daun kelor secara signifikan meningkatkan jumlah sperma dalam kasusu testis yang tidak turun. 

4. Mengontrol kadar gula darah 

Hasil beberapa penelitian pada tikus penderita diabetes menunjukkan bahwa ekstrak daun dan biji kelor bisa menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan produksi insulin atau penyerapan gula ke dalam sel.

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa mengonsumsi 4 gram bubuk daun kelor bisa meningkatkan sekresi insulin tapi tidak secara signifikan mempengaruhi kadar gula darah. 

Baca Juga: Ini Manfaat yang Anda Dapatkan saat Minum Susu Kurma Setiap Pagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru