kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat buah nanas terbaik untuk kesehatan tubuh


Rabu, 04 November 2020 / 08:00 WIB
4 Manfaat buah nanas terbaik untuk kesehatan tubuh


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nanas merupakan salah satu jenis buah tropis yang memiliki banyak manfaat. Manfaat buah nanas berasal dari banyaknya nutrisi, antioksidan, dan kandungan di dalamnya yang berfungsi untuk meredakan peradangan dan infeksi penyakit lainnya.

Melawan Berbagai Jenis Penyakit

Stres oksidatif adalah suatu kondisi di mana terlalu banyak radikal bebas yang ada dalam tubuh. Saat berinteraksi dengan sel tubuh, radikal bebas akan menyebabkan penyakit, salah satunya adalah melemahkan sistem imun tubuh.

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa antioksidan dalam nanas berguna untuk menekan stres oksidatif tersebut. Beberapa jenis antioksidan yang melakukan fungsi itu adalah flavonoid dan asam fenolat.

Tak hanya itu, antioksidan dalam buah nanas juga saling berkaitan. Artinya, antioksidan mampu bertahan lebih lama dan bisa melawan penyakit yang lebih parah. Beberapa resiko penyakit yang bisa turun saat Anda mengonsumsi nanas secara rutin adalah penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Baca Juga: Asam urat naik lagi? Jus nanas efektif mengobati asam urat Anda

Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah nanas lainnya adalah berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan manusia. Hal itu dilatarbelakangi oleh adanya enzim pencernaan yang bernama bromelain. Fungsinya adalah untuk memecah protein menjadi asam amino dan peptida kecil.

Setelah ukurannya mengecil, protein menjadi lebih mudah terserap di usus kecil. Fungsi tersebut membuat nanas cocok dikonsumsi oleh penderita insufisiensi pankreas (pankreas tak memproduksi enzim pencernaan yang cukup).

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Salah satu manfaat buah nanas adalah meningkat sistem imun tubuh.

Selain melancarkan sistem pencernaan, bromelain juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh seseorang. Bersama dengan nutrisi dan mineral lain, Healhtline mengatakan bahwa bromelain juga mampu menekan peradangan dalam tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan, anak-anak yang menderita penyakit sinus bisa sembuh lebih cepat karena mengonsumsi suplemen bromelain. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa tanda peradangan berkurang karena bromelain.

Baca Juga: Anda menderita batuk dan pilek? Infused water nanas bisa jadi obat batuk dan pilek

Meredakan Gejala Artritis

Manfaat buah nanas selanjutnya juga berguna untuk meredakan gejala artritis yang menyerang sendi. Lagi-lagi, fungsi tersebut dijalankan oleh bromelain. Antiinflamasi berguna untuk meredakan rasa sakit akibat peradangan sendi.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa bromelain sama efektifnya dengan obat artritis bernama diklofenak. Pasien penderita osteoartritis mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain. Hasilnya, rasa sakit yang dirasakan berkurang banyak.

Selanjutnya: Jus nanas efektif mengobati asam urat Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×