4 Manfaat buah kiwi ini tidak boleh Anda abaikan

Jumat, 18 Desember 2020 | 10:09 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat buah kiwi ini tidak boleh Anda abaikan

ILUSTRASI. Manfaat buah kiwi bisa Anda dapat jika mengonsumsinya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti jenis buah lainnya, manfaat buah kiwi berasal dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari serat, vitamin C, potasium, folat, dan antioksidan. Mengonsumsi buah kiwi secara rutin dapat mencegah penggumpalan darah, mengobati asma, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Mencegah Penggumpalan Darah

Healthify Me (healthifyme.com) mengatakan bahwa buah kiwi mampu mengurangi jumlah lemak dalam darah sehingga penggumpalan darah bisa dicegah. Artinya, fungsi tersebut berguna untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Sebenarnya, penggumpalan darah bisa dicegah dengan mengonsumsi aspirin. Namun, jenis obat itu dapat menyebabkan peradangan dan gangguan di sistem pencernaan. Buah kiwi bisa digunakan untuk mengganti fungsi aspirin itu. Tak hanya membuat darah menjadi lebih encer, buah kiwi juga bisa menyehatkan jantung.

Mengatasi Gejala Asma

Manfaat buah kiwi selanjutnya bisa dimanfaatkan oleh Anda yang menderita penyakit asma. Biasanya, penyakit ini ditandai dengan kondisi tubuh yang kesulitan bernapas dan mengeluarkan suara saat bernapas. Gejala tersebut dapat diatasi dengan kiwi karena buah ini mengandung banyak vitamin C dan antioksidan.

Baca Juga: 6 Manfaat daun kemangi sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain efektif mengatasi gejala asma, vitamin C dalam buah kiwi juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Sel dalam tubuh akan semakin kuat melawan radikal bebas dan memperbaiki jaringan yang rusak karena infeksi penyakit.

Saat sistem imun tubuh kuat, tubuh Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Misalnya, batuk, demam, pilek, dan lain sebagainya. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi buah kiwi secara rutin. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis hidangan, salah satunya adalah salad buah.

Baca Juga: Coba konsumsi 4 buah ini untuk atasi asam lambung Anda

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat buah kiwi adalah meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat buah kiwi lainnya berguna untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Vitamin C dalam buah kiwi mampu meningkatkan produksi kolagen kulit. Artinya, kulit dapat terhindar dari dehidrasi dan strukturnya menjadi lebih bagus.

Tak hanya itu, antiinflamasi dan vitamin C juga mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan mengatasi kemunculan jerawat. Healthify Me merekomendasikan ekstrak buah kiwi dicampur dengan lidah buaya. Gunakan campuran itu pada wajah dan diamkan selama semalaman untuk mendapat hasil yang maksimal.

Selanjutnya: Kenali 5 manfaat nanas bagi kesehatan kulit dan rambut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru