Kesehatan Umum

4 Manfaat air hangat untuk atasi masalah kesehatan

Rabu, 02 Desember 2020 | 17:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat air hangat untuk atasi masalah kesehatan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahukah Anda bahwa minum air hangat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh? Manfaat air hangat berikut ini bisa Anda dapat jika mengonsumsinya secara rutin.

Mengeluarkan Zat Racun

Manfaat pertama yang dapat Anda rasakan saat minum air hangat adalah banyak zat racun yang bisa keluar dari dalam tubuh. Mengutip dari Firstcry.com (parenting.firstcry.com), minum air hangat membuat suhu tubuh meningkat.

Agar suhu tetap stabil, tubuh mengeluarkan keringat. Saat itulah zat racun keluar dari dalam tubuh Anda. Jadi, semakin banyak keringat yang keluar, semakin sehat pula kondisi tubuh Anda.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat air hangat selanjutnya adalah menjaga sistem pencernaan tubuh agar tetap sehat. Air hangat akan menurunkan jumlah gas, zat asam, dan kembung yang Anda rasakan. Anda bisa minum air hangat saat bangun tidur di pagi hari agar efeknya bisa maksimal.

Baca Juga: Ini manfaat konsumsi apel untuk kesehatan tubuh

Saat minum air hangat, makanan yang Anda konsumsi semakin mudah dicerna daripada Anda minum air dingin. Maka dari itu, biasakan juga minum air hangat sebelum atau sesudah makan supaya pencernaan Anda tetap lancar.

Mencegah Sembelit

Seperti yang telah dikatakan, minum air hangat berpengaruh pada sistem pencernaan Anda. Firstcry.com mengatakan bahwa kebiasaan itu dapat menghindarkan Anda dari sembelit. Air hangat membantu tubuh menghancurkan partikel lemak dan makanan dengan lebih mudah.

Saat makanan yang ada dalam sistem pencernaan memiliki ukuran partikel yang kecil, makanan tersebut akan lebih mudah bergerak sehingga zat sisanya pun lebih mudah untuk Anda keluarkan.

Baca Juga: 4 Manfaat madu untuk wajah terbaik yang bisa Anda dapat

Meningkatkan Aliran Darah

Tak hanya sistem pencernaan, aliran darah juga bisa lebih lancar saat Anda terbiasa minum air hangat. Saat aliran darah lancar, organ dan seluruh bagian tubuh lebih mudah mendapat suplai oksigen sehingga dapat berfungsi secara normal.

Selain itu, air hangat juga membantu penghancuran lemak yang terkumpul dalam sistem saraf dan menyaring racun yang ada dalam darah. Suhu panas juga mampu melebarkan arteri dan vena sehingga darah bisa mengalir dengan lancar.

Selanjutnya: Ini manfaat jahe merah sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Editor: Belladina Biananda
Terbaru