kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,25   -8,11   -0.87%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat adas untuk kesehatan: meredakan perut kembung sampai asam urat


Rabu, 31 Maret 2021 / 17:00 WIB
4 Manfaat adas untuk kesehatan: meredakan perut kembung sampai asam urat


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Adas, tenar sebagai tanaman herba yang mengandung antioksidan. Ini manfaat adas untuk kesehatan tubuh, bisa meredakan perut kembung sampai asam urat.  

Adas merupakan rempah-rempah yang cukup populer di tanah air. Tanaman adas banyak dijumpai di pekarangan atau halaman rumah. 

Baca Juga: Segar, ini manfaat kunyit asem untuk kesehatan tubuh

Tidak heran, adas masuk dalam golongan Tanaman Obat Kelyarga (TOGA). Dari seluruh bagian adas, buah adas yang kerab dimanfaatkan sebagai obat herbal. 

Melansir dari buku berjudul Terapi Herbal Berdasarkan Golongan Darah karya Ir. Lukas tersono Adi, adas mengandung minyak atsiri, asam anisat, flavonoid, dan minyak lemak. 

Mengutip dari buku berjudul Ramuan Tradisional Untuk Pelangsing Tubuh, adas memiliki efek farmakologis diuretik alias peluruh kencing dan karmatif alias mengeluarkan angin di dalam tubuh. 

Hal tersebutlah yang membuat adas dipercaya efektif mengobati sejumlah penyakit. 

Manfaat adas sebagai obat herbal 

Belakangan obat herbal tengah jadi idola sebagian masyarakat. Alasannya, obat herbal dianggap lebih aman dikonsumsi dan minim efek samping. 

Berikut manfaat adas sebagai obat herbal yang dikutip dari berbagai sumber. 

1. Batuk 

Batuk salah satu penyakit yang kerab menyerang saat musim pancaroba tiba. Untuk Anda yang enggan minum obat batuk kimia, adas bisa jadi solusinya. 

Melansir dari buku berjudul The Miracle of Herbs karya dr. Prapti Utami, Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz adas bermanfaat untuk mengobati batuk. 

Anda cukup seduh 5 gram serbuk adas dengan setengah cangkis air hangat. Anda bisa tambahkan satu sendok teh madu lalu aduk rata. 

Anda minum ramuan herbal tersebut selagi hangat dua kali sehari. 

2. Perut kembung 

Adas juga bermanfaat untuk meredakan perut kembung. Cara membuat obat herbal tersebut cukup mudah. 

Anda seduh 5 gram serbuk adas dengan secangkir air hangat dan tambahkan satu sendok teh madu. Anda minum obat herbal tersebut selagi hangat. 

3. Asam urat 

Asam urat salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. Adas salah satu obat herbal untuk asam urat. 

Untuk merasakan manfaatnya Anda cukup merebus 3 gram - 9 gram adas kering dengan 3 gelas air. Anda rebus adas sampai mendidih dan menyisahkan air satu gelas. 

Anda minum obat herbal tersebut selagi hangat. 

4. Gula darah 

Hasil penelitian El-soud dan teman-temannya yang dipublikasikan di Macedonian Journal of Medical Science tahun 2011 menyatakan adas mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta memperbaiki kondisi ginjal dan pankreas. 

Baca Juga: Asam lambung sering kumat? Ini obat herbal untuk asam lambung yang mudah dibuat

Selanjutnya: Infused water nanas bisa meredakan batuk dan pilek Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×